4 Tips Makanan Yang Dapat Membuat Kita Cerdas

Ada ungkapan yang mengatakan diri kita merupakan cerminan apa yang kita makan, ungkapan ini sebenarnya lebih dutujukan oleh pengaruh faktor makanan terhadap kesehatan kita. Namun ternyata makanan tidak hanya berpengaruh pada kesehatan kita semata tapi juga pada kecerdasan kita, dengan mengkonsumsi makanan tertentu makan kita akan membatu pertumbuhan sel-sel otak kita dan meningkatkan daya ingat dan kecerdasan kita.
Contoh nyata adalah bangsa jepang yang sangat suka dengan ikan segar, secara keceradasan mereka secara rata-rata di atas bangsa yang lain. Rata-rata negara maju memiliki penduduk dengan kebiasaan makanan
yang bergizi tinggi dibandingkan dengan negara terbelakang sehingga rata-rata penduduk negara  maju memiliki tingkat kecerdasan di atas negara terbelakang. Hal ini di maksud kan bukan untuk mengindahkan belajar dan kerja keras tentu nya, karena kunci menjadi pandai adalah belajar.
Tips makanan yang membuat kita cerdas terutama sangat berguna apabila dibiasakan untuk dikonsumsi mulai dari usia anak-anak. Karena proses perkembangan otak yang terbaik adalah masa anak-anak. Namun demikian tetap berguna pada kita yang sudah berusia remaja, karena tetap membantu meningkatkan daya ingat kita. Disamping itu dengan membiasakan diri dengan makanan yang membantu meningkatkan kecerdasan secara tidak langsung kita juga akan lebih bisa untuk membiasan keluarga dan anak-anak kita kelak untuk mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan. Berikut ini adalah berbagai makanan yang membantu meningkatkan kecerdasan kita.
  1. Ikan laut: ikan laut seperti ikan salmon memiliki kandungan zat omega tiga yang berguna untuk perkembangan sel-sel otak kita, disamping itu omega 3 juga membantu sel-sel otak kita berkomunikasi satu sama lain. Bangsa jepang merupakan contoh nyata penggemar ikan salmon.
  2. Buah dan sayuran: buah dan sayuran mengandung antioksidan yang berguan untuk meningkatkan daya tahan sel-sel otak kita. Dalam memilih buah dan sayuran usahakan untuk memilih yang memiliki warna seperti merah dan hijau, karena buah dan sayuran yang berwarna memiliki warna memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.
  3. Daging dan Telur:  telur memiliki kandungan protein dan zat kolin yang sangat tinggi sangat baik untuk meningkatkan daya ingat kita sedangkan daging memiliki kandungan protein, zat besi yang tinggi sangat baik bagi sel otak kita.
  4. Kedelai: kedelai memiliki banyak sekali kandungan gizi yang baik bagi otak kita seperti protein mineral, serat, karbohidarat, vitamin. Kedelai terbilang murah dan mudah didapatkan pada makanan seperti tahu dan tempe.
Selain makanan yang berguna untuk otak kita, penting sekali bagi kita untuk menghindari makana yang dapat menurunkan kecerdasan otak kita. Agar kita tidak Cuma-Cuma mengkonsumsi makan bergizi yang meningkatkan memori kita. Makanan dan minuman yang wajib kita hindari adalah:
  1. Alkohol: mengganggu keseimbangan otak kita, juga membuat kita tidak bisa berpikir dengan jernih dan jelas.
  2. Kadar gula tinggi: mengganggu syaraf otak kita dan mengurangi daya ingat kita.
  3. Junk food dan softdrink: makanan sampah favorit masyarakat indonesia, mengandung zat kimiawi yang merusak daya ingat otak kita serta fungsi kognitif otak kita dalam jangkan panjang sudah banyak sekali penelitian yang mengungkapkan hal ini. Namun memang masyarakat indonesia lebih mengutamakan gengsi seinggan junk food menjadi favorit tersendiri. Sama juga dengan softdrink.
  4. Makanan yang digoreng, dimasak setengah masak, makanan sangat asin, makanan dengan pemanis buatan, rokok (nikoti) adalah deretan makanan berikut nya yang haru dihindari  karena menggangu sifat kognitif dari otak kita.