7 Tips Makanan Agar Ginjal Menjadi Lebih Sehat

Makanan sehat terutama untuk ginjal ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan ginjal kita dan menghindari gangguan-gangguan ginjal.  ginjal merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk menyaring darah kotor di dalam tubuh kita, selain itu ginjal berperan penting untuk mengatur peredaran darah dalam tubuh.
Pola hidup yang tidak sehat mengkibatkan banyaknya kasus orang menghadapi penyakit gagal ginjal, penyakit lain karena ginjal adalah hipertensi, batu ginjal, penyakit prostat dll yang bisa berujung pada kematian. Nephronns merupakan eleman pada ginjal berfungsi untuk menyaring darah, sebagian besar orang yang mengalamin gangguan ginjal mengalami kerusakan pada Nephrons. penyebab penyakit ginjal sendiri disebabkan oleh dua hal yaitu diabetes dan tekanan darah tinggi selain faktor keturunan keluarga juga sangat mempengaruhi, banyak orang yang mengalami penyakit ginjal memiliki riwayat keluarga pernah mengidap penyakit gagal ginjal.
Pola hidup sehat perlu diterapkan untuk menjaga kesehatan kita, dari rajin berolahraga sampai dengan mengkonsumsi makanan yang sehat bagi ginjal kita. karena gejala penyakit ginjal bukanlah kejadian singkat melainkan merupakan proses (perlahan) jangka panjang dan gejala awal nya tidak dapat diketahui dengan pasti.
Mengkonsumsi makanan sehat sangat di perlukan, ada beberapa bahan makanan yang sangat baik bagi ginjal kita. Makanan seperti buah-buahan mengandung banyak sekali antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas sehingga efektif melindungi tubuh makanan yang kaya akan antioksidan dapat kita jumpai terutama pada buah-buahan. berikut ini adalah beberapa sumber makanan yang efektif untuk ginjal kita supaya lebih sehat.
  1. Kubis: sayuran ini dengan mudah dapat kita jumpai di pasar, kubis memiliki phytochemicals yang sangat bergunan untuk memcah zat-zat radikal bebas yang akan menyerang ginjal kita. selain itu phytochemicals juga sangat berguna untuk melindungi kita dari serangan kanker sehingga kubis juga sangat baik untuk kesehatan jantung kita. kubis juga kaya akan kandungan vitamin C, Vitamin K dan serat sehingga merupakan nutrisi tambahan yang sangat baik bagi ginjal kita.
  2. Bawang: bawang merupakan bahan makanan yang wajib bagi masyarakat kita untuk memasak. bawang memiliki flavonoid seperti quercetin yang berguna untuk anti oksidan yang sangat kuat melindungi kita dari penyakit jantung, dan ginjal.
  3. Apel: apel merupakan buah-buahan tinggi serat yang sangat berguan bagi anda untuk mencegah serangan kanker dan penyakit jantung. Usahakan untuk mengkonsumsi buah apel beserta kulitnya, jadi tidak di kupas terlebih dahulu.
  4. stroberi: stroberi merupakan buah yang mengandung anthocianins merupakan zat yang membentuk warna merah pada buat strobery selain sebagai zat pembentuk warna merah pada strobery anthosianins  juga berfungsi untuk menangkal radikal bebas serta mencegah kerusakan sel-sel tubuh karena kandungan antioksidanya yang sangat tinggi. selain itu mengandung vitamin C dan serat yang sangat baik untuk perlindungan jantung dan menangkal serangan kanker.
  5. Putih telur: putih telur memiliki kandungan protein beserta asam amino esensial yang sangat baik untuk ginjal kita.
  6. Ikan salmon: ikan salmon memiliki kandungan Omega 3 yang membantu untuk menangkal penyakit jantung dan serangan kanker. Omega 3 juga efektif untuk menurunkan kadar kolesterol kita dengan menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik pada tubuh kita.
  7. Minyak Zaitun: minyak zaitu merupakan sumber asam oleat, pholyphenols dan senyawa antioksidan yang tinggi sehingga sangat effektif untuk mencegah kerusakan sel karena oksidasi.
Demikianlah 7 makanan sehat yang bermanfaat bagi ginjal kita, usahakan mengkonsumsi buah yang minim kandungan pestisida. buah dan sayuran organik adalah yang terbaik, namun jika tidak bisa usahakan untuk mencuci buah dan sayuran untuk menghilangkan zat-zat pestisida.