Tips belajar gitar dengan cepat

Tips belajar gitar dengan cepatGitar merupakan alat musik peti yang sangat di gemari di kalangan anak muda, sehingga bermain pandai bermain gitar juga akan menambah kepercayaan diri. Menjadi gitaris juga menjadi impian banyak sekali anak muda sekarang ini karena penampilan beberapa gitaris band-band top indonesia maupun dunia yang keren-keren.
Belajar bermain gitar bagi yang tidak menguasai alat ini sangat mudah. Tentu belajar paling praktis adalah dengan belajar langsung dengan orang yang sudah bisa memainkan alat musik gitar sehingga lebih cepat dan mudah. Namun tidak semua orang mau belajar kepada orang lain karena satu hal. Bisa karena malu atau karena memang tidak mengenal orang lain yang pandai bermain gitar.
Untuk itu berikut ini adalah tips belajar bermain gitar dengan mudah dan cepat, tanpa harus kursus yang notabene mengeluarkan banyak uang untuk biayanya:
1.       Usahakan membeli buku belajar bermain gitar yang berisi pola-pola chord yang lengkap sehingga memudahkan pembelajaran. Kalaupun tidak menggunakan buku bisa melalui browsing di internet, tinggal ketik di google kata kuncinya, misal: “chord dasar gitar”
2.       Coba stem atau selaraskan nada senar pada gitar, jumlah senar gitar sendiri ada 6 perlu keselarasan nada dari senar satu dengan senar yang lain. Agar tercipta harmonisasi yang indah. Untuk lebih mudah menyetem senar gitar. Coba cari file audio pada internet yang berisi nada-nada dasar senar gitar.
3.       Lakukan sikap dasar bermain gitar dengan benar. Dengan badan gitar di pangku paha. Tangan kiri memegang stang gitar, sedangkan tangan kanan memetik gitar (ini berlaku buat yang bertipikal normal bukan kidal kalau kidal tinggl dibalik saja kok).
4.        Belajar chord-chord dasar yaitu: A, B, C, D, E, F untuk pola dari chord chord dasar ini bisa di dapatkan gambar nya melalui internet atau buku belajar bermain gitar. Usahakan jari mengikuti dengan benar pola chord gitar, lakukan terus menerus sampai jari tangan tidak kaku. Dan lakukan petik gitar atau genjreng sampai hafal pola-pola chord nya
5.       Cari lah buku lagi atau dari internet juga bisa tentang lirik lagu yang sudah disertai dengan chord lengkap (terutama chord yang dasar) sehingga tinggal mengikuti apa yang sudah ditulis. Latihan ini sangat penting untuk menyelaraskan tempo feel dan juga nyanyian dari lagu juga sangat penting untuk tes apakah anda suda melakukan petikan dengan benar.
6.       Lakukan dengan konsisten isi waktu senggang anda dengan memainkan gitar gunakan chord dasar dulu hingga dirasa cukup hafal dan permainan gitar sudah enak di telinga maka cobalah untuk menghafal dan menggunakan chord selain chord dasar, yaitu dengan menggunakan chord-chord # dan juga b (bes). Tanda # seperti C# merupakan nada dengan jarak setengah lebih tinggi dari nada C sedangakan b (bes) misal Cbes merupakan nada dengan jarak setengah lebih rendah dari nada C. Dengan memahami pola # dan bes maka kamu bisa mengetahui secara keseluruhan pola nada pada gitar yang mana tangga nada natural berisi nada-nada dasar yaitu A, B, C, D, E, F dengan nada dasar C tentunya.
Bermain gitar itu menyenangkan karena dengan bermain gitar kita dapat menambah teman, selain itu juga kalau serius bisa menjadi gitaris band beneran. Itung-itun hobi yang menjadi pekerjaan dengan uang yang tidak sedikit tentunya. Jaman sekarang siapa sih yang gak tau bayaran anak-anak band.