Tips Berhenti Merokok Untuk Selamanya

Tips Berhenti Merokok Untuk Kesehatan Anda
Merokok merupakan kegiatan yang sangat buruk bagi kesehatan anda, berbagai macam penyakit timbul disebabkan oleh rokok. Saat ini merokok tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa saja namun juga juga oleh anak kecil dengan usia sekolah dasar, sering sekali kita jumpai anak yang masih kecil merokok di jalan-jalan bahkan tidak sedikit pula dari mereka yang merokok masih menggunakan seragam seolah dasar.
Selain itu merokok juga mengganggu orang-orang di sekitar perokok karena mereka secara langsung juga menghisap asap rokok dari perokok tersebut mereka ini disebut sebagai perokok pasif. Meski demikian dalam banyak hal justru perokok pasif lah yang seringkali mendapatkan resiko akibat rokok yang besar bahkan lebih besar dari perokok itu sendiri.
Edukasi tentang bahaya merokok sudah tersebar dimana-mana, dan hampir semua orang sudah tahu akan bahaya dari merokok termasuk perokok itu sendiri hampir semua juga sudah tahu akan bahaya kandungan nikotinyang menyebabkan penyakit kanker atau penyakit lain yang akan ditimbulkanya belum lagi zat-zat bahaya lain selain nikotin. Namun semakin hari jumlah perokok semakin bertambah banyak faktor yang mejadi sebabnya salah satunya adalah sulitnya perokok untuk menghentikan kebiasaan merokoknya walaupun dirinya sendiri sangat ingin berhenti merokok namun tetap tidak bisa.
Berikut ini adalah tips berhenti buat perokok:
  1. berpikirlah positif, bahwa dengan tanpa rokok hidup anda akan menjadi lebih baik selain tambah sehat tanpa rokok hidup kita akan menjadi lebih produktif dalam segala hal sehingga hidup kita akan menjadi lebih baik. Dengan berpikir positif seperti ini kita bisa membuang pikiran ketergantungan akan rokok, seringkali keinginan akan merokok itu datang dari pikiran saja misal: seolah-olah kita menjadi lebih bertenaga dengan merokok, pikiran akan menjadi lebih cerah dengan merokok, dengan merokok stess dan capek akan hilang. Padahal hal semacam ini pada kenyataanya tidak ada, hal ini hanyalah semacam halusinasi pikiran kita semata. Disinilah pentingnya pikiran positif agar kita bisa menghentikan pikiran ketergantungan akan rokok.
  2.  Buatlah perencanaan yang baik tentang berhenti merokok dan patuhilah rencana yang anda buat misalnya anda berhenti secara pelan-pelan dari yang biasanya sehari merokok sebanyak 12 batang menjadi hanya menjadi 2 batang rokok saja hingga pada akhirnya nantinya akan berhenti merokok total sampai dengan menghindari acara atau kejadian yang bisa membuat anda merokok, misalnya menghadiri acara pesta yang kemungkinan penuh asap rokok karena ketika anda datang pada acara semacam ini walaupun anda sendiri berusaha untuk tidak merokok tetap saja acara semacam ini akan membangkitkan niat anda untuk merokok sehingga usaha anda untuk berhenti merokok akan gagal, kebanyakan perokok yang berniat berhenti merokok namun gagal disebabkan oleh hal semacam ini.
  3. Jauhi teman anda yang perokok setidaknya untuk sementara saja sampai anda benar-benar tidak sudah merokok sama sekali. Karena teman perokok seringkali akan membuat kita merokok kembali dengan alasan sosial seperti rasa sungkan karena masak teman merokok kita enggak. Bahkan kalau ditanya kebanyakan orang menjadi perokok awalnya karena teman. Kebanyakan bergaul dengan perokok lama kelamaan akan membuat kita menjadi perokok juga.
  4.       Buat tangan dan mulut kita terus bergerak dan menjadi sibuk karena terbiasa merokok tentu reflek mulut dan tangan seperti reflek perokok pada umumnya, tangan seperti aneh kalau tidak memegang rokok dan mulut juga terasa pahit kalau tidak merokok. Solusinya tangan anda harus lebih sering bergerak begitu juga dengan mulut anda, untuk mulut permen bisa dijadikan sebagai solusi.