Tips cepat lulus skripsi dengan mudah bagi mahasiswa

Tips cepat lulus skripsi dengan mudah bagi mahasiswaSkripsi adalah sebuah penelitian ilmiah dan sekaligus merupakan tahap akhir yang di lalui oleh mahasiswa agar lulus menjadi sarjana. Namun sayangnya seperti yang kita ketahui skripsi ternyata juga menjadi momok bagi sebagian besar mahasiswa, sehingga di anggap sebagai beban yang sangat berat. Tidak jarang kita jumpai banyak sekali mahasiswa yang
memiliki masa kelulusan yang lama sekali di karenakan skripsi yang tidak kunjung selesai-selesai.
Tips cepat lulus skripsi dengan mudah bagi mahasiswa ini sangat berguna terutama bagi mereka
yang sedang menjalani masa-masa skripsi agar dapat mengejar rentang waktu lulus sesuai dengan yang telah di targetkan. Apalagi bagi yang sudah di deadline oleh orang tua yang capek membiayai kuliah kamu, atau banyak juga yang dikejar target untuk menikah baik oleh calon mertua, pasangan, atau oleh orangtua. Berikut ini adalah tips menyelesaikan skripsi dengan cepat yang terbagi atas faktor teknis dan non teknis.
Selesaikan faktor non teknis
Menyelesaikan Skripsi diperlukan niat, kemauan dan kerja keras. Untuk itu kita perlu mempersiapkan diri kita secara mental agar siap menghadapi skripsi, berikut ini adalah faktor-faktor non teknis:
Tentukan motivasi kamu terhadap skripsi
Tentukan dahulu motivasi kamu untuk menyelesaikan skripsi, hal ini sangat penting karena dengan adanya motivasi maka akan membentuk niat yang bagun dalam menyelesaikan skripsi.
Tentunkan target
Tentukan target kapan skripsi bisa kita selesaikan. Target bisa dibuat menjadi semacam time table yang berisi: judul, pembuatan proposal, seminar proposal (kalau ada), penelitian, seminar hasil (kalau ada) dan terakhir ujian skripsi (sidang). Dengan penyusunan target serta time table yang baik maka proses kita dalam pengerjaan skripsi menjadi lebih efektif dan effisien.
Bersikap proaktif,  jujur,  dan flesksibel
Dalam pengerjaan skripsi sebaiknya kamu bersikap proaktif tidak hanya tergatung pada dosen pembimbing saja. Bersikap jujur bagi kamu sangat penting berusaha mengerjakan skripsi sendiri tanpa menggunakan jasa pihak ketiga karena harus disadari bahwa skripsi memang merupakan syarat kelulusan kuliah kamu, namun yang lebih penting dari itu semua adalah skripsi merupakan hasil karya manifestasimu jadi sangat sayang kalau harus di kerjakan oleh orang lain.
Buat jadwal yang teratur
Dari sisi waktu skripsi memiliki ketidakpastian yang sangat tinggi karena banyak hal yang mempengaruhinya, untuk itu selain tetap berpatokan pada time table yang telah kita buat kita juga harus bersifat fleksibel terhadap keadaan, sebagai contoh dosen pembimbing mu mau pergi haji tentu itu akan sangat mempengaruhi target waktu yang telah kamu buat dan berdampak pada time table yang telah kamu perbuat.
Siapkan dana atau biaya
Dana dan biaya yang dibutuhkan dalam pengerjaan skripsi tidak sedikit mulaui dari print kertas, biaya internet untuk cari referensi sampai biaya penelitian skripsi.
Faktor teknis pengerjaan skripsi
Dosen pendamping
Pilihlah dosen pendamping memiliki kapabilitas untuk tema yang kamu pakai karena dosen pembimbing berfungsi untuk membimbing kamu dalam mengerjakan skripsi. Bersikap terbuka terhadap dosen pembimbing kamu akan sangat menunjang pengerjaan skripsi kamu.
Di luar itu yang harus kamu sadari dosen pembimbing berusia muda relatif membuat penerjaan skripsi kamu lebih menyenangkan dan cepat karena ditunjang dengan komunikasi yang baik antara mahasiswa dan dosen namun relatif kesulitan ketika menghadapi ujian karena kamu akan bertemu dengan dosen penguji yang lebih tua dan berpengalaman.
Sebaliknya dengan dosen yang lebih tua dan lebih berpengalaman membuat proses pengerjaan skripsi kamu lebih lama dan lebih sulit, namun akan membuat skripsi kamu jauh lebih baik dari yang lainya. Ketika mengalami masa ujian kamu juga aka relatif terbantu karena kamu memiliki dosen lebih tua dan berpengalaman bahkan jika di bandingkan dengan dosen penguji kamu.
Pengerjaan Skripsi
Pembuatan skripsi secara umum memiliki kandungan: pendahuluan, pengajuan teori, metodologi penelitian, hasil penelitian, penutup. Dalam pengerjaan skripsi hindarilah typo (salah ketik) usahakan untuk meminta saran review dari teman kuliah maupun dosen lain yang bukan pembibing.
Ujian
Menghadapi ujian kamu haru bersikap tenang tidak panik, berdoa terlebih dahulu, bersikap rileks dan tenang ketika ujian akan membuat kamu lancar menjawab pertanyaan dari dosen penguji kamu.