Tips Menggunakan Facebook Aman Secara Privasi

Facebook tidak bisa dilepas dari kita sampai saat ini, facebook telah merevolusi cara kita berinteraksi secara sosial. Kita jadi tahu apa yang dilakukan oleh teman kita atau yang orang lain lakukan hanya melalui facebook, kita juga bisa berkomunikasi dengan cepat, kapan saja dan tentunya gratis menggunakan facebook. Indonesia sendiri termasuk penggunan facebook terbesar.
Masih ingatkan momen PILPRES kemarin, suasana panas dan saling serang dari masing-masing kubu ada di facebook. Itu menggambarkan betapa facebook telah menjadi bagian dari hidup kita. Dan yang terbaru adalah Florence yang dikarenakan kejadian antrian di sebuah SPBU dia kemudian updated status yang isinya memaki-maki dan menghina warga jogja, akibat dari perbuatannya itu kemudian Florence mendapatkan banyak sekali kecaman terutama dari warga jogja sendiri dan kabar terakhir Florence di masukan ke dalam penjara (suatu tindakan yang berlebihan dari polisi menurut saya sendiri). Nah tentunya anda tidak inginkan mengalami kejadian seperti florence, atau status anda mengenai orang tertentu menyakiti orang tersebut sehingga akan berujung pada permasalahan pribadi.
Berikut ini sekedar tips bagaimana anda menggunakan facebook dengan aman dan nyaman:
  • Updated status: untuk diketahui facebook sendiri telah menyediakan fitur untuk memfilter siapa saja yang bisa melihat status kita dengan setingan publik, friend, khusus untuk orang tertentu, atau anda sendiri yang bisa melihat status anda. Jadi jika anda memang sedang update status anda bisa memfilter siapa saja tidak anda inginkan untuk melihat status anda. Pilihan publik setiap orang bisa melihat status anda bahkan orang yang bukan termasuk teman anda sekalipun. Pilihan Friend adalah untuk yang menjadi teman anda saja yang bisa melihat status anda. Pilihan khusus adalah memfilter teman tertentu agar tidak melihat status anda, jadi anda sedikit aman jika memiliki status negatif tentang orang tertentu, kan orang tersebut sudah anda blacklist. Pilihan berikutnya adalah hanya anda sendiri yang bisa melihat status anda sendiri, sehingga aman ketika anda ingin menyimpan password atau updated status sperti Florence, karena tidak ada yang melihatnya karena hanya sendiri yang bisa melihat.
  • Filter contact: seringkali kita mendapatkan chat dan teman kita karena notify warna hijau, atau kadang walaupun sudah kita seting offline kita juga masih mendapatkan chat dari orang lain. Anda dapat mematikan obrolan dengan orang tertentu sehingga orang tersebut tidak akan bisa berkomunikasi chat dengan anda. Klik widget opsi > matikan obrolan dengan orang ini.
  •  Privacy informasi kita: kita juga bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat nomer telepon kita dan juga alamat email kita sehingga orang-orang tertentu tidak akan bisa melihatnya, bahkan jika anda tidak mau orang lain menemukan profile anda di facebook lewat google atau lewat facebook searc. Cara nya masuk ke seting atau pengaturan > privacy atau keamanan terus tinggal anda seting teman, teman dari teman, atau publik seperti pada gambar di bawah ini.
  • Blokir: fitur ini sangat bergunan bagi anda yang ingin memblokir seseorang, sehingga orang tersebut sama sekali tidak bisa melihat laman facebook anda, status  anda, coment anda, foto anda dll ini mungkin sangat berguna bagi anda yang memang sedang benci-bencinya terhadap seseorang.
Itulah tips bagaimana ber facebookkan ria dengan aman, bagaimana pun juga facebook telah menjadi bagian dari kita, ada baik nya kita juga baik-baik menjaga diri kita sendiri untuk kebaikan kita sendiri dan juga hubungan kita dengan orang lain.