Cara Edit PDF Menggunakan Google Docs

Pdf merupakan jenis file yang hanya bisa dibaca namun tidak bisa diedit, banyak sekali file jenis pdf yang bertebaran di internet. Biasanya file-file ebook hampir semuanya berjenis pdf tentunya kamu paling tidak memiliki jenis file pdf ini bukan.
File jenis pdf ini biasanya bisa di edit menggunakan software tertentu namun untuk bisa menggunakan software tersebut kamu harus beli akun premiumnya, sedang yang free hanya bisa digunakan untuk membacanya saja, cara lain adalah menggunakan photoshop, tetep aja kan berbayar kecuali kamu memiliki photoshop versi bajakanya.
Edit file pdf sangat berguna bagi kamu yang ingin menambahkan catatan atau edit text pada pdf, nah ada cara yang gratis dan mudah untuk mengedit file pdf yaitu menggunakan aplikasi google docs, sebuah aplikasi berbasis web keluaran dari google jadi yang dibutuhkan hanya koneksi internet saja. Kecuali kamu punya chromebook mungkin kamu bisa menggunakan google docs secara offline. Berikut ini adalah cara meng edit pdf menggunakan google docs.
Masuk ke Google Drive
Masuk atau login ke google drive menggunakan akun google kamu, atau kalau belum punya tinggal buat saja karena itu gratis. Yang perlu kamu ketahui adalah google drive sudah diintegrasikan dengan google docs, sehingga pengolahan data kamu menjadi sangat muda.
Upload file pdf
Upload file pdf kamu ke google drive dengan menekan tanda panah > next > kemudian pilih file yang akan kamu upload di disk komputer kamu, kamu bisa mengupload lebih dari satu file ke google drive dengan sekali upload.
Pilih file yang sudah di upload
Pilih file pdf yang kamu upload itu, kalau kamu kesulitan mengetahu directory file yang barusan kamu upload, kamu tinggal klik myDrive maka kamu akan disuguhi dengan file-file yang barusan kamu upload.
Centang file yang akan kamu edit, kemudian klik kanan pilih open with >> google docs file akan terbuka di tab yang baru dengan google docs dan secara otomatis file pdf akan terscan menjadi file yang tereditable dibawahnya. Kamu tinggal menghapus (delete atau cut) pdf diatasnya sehingga hanya tersisa file yang tereditable.
Edit file
Kamu tinggal edit file yang editable tersebut seperti layaknya kamu edit file di microsoft word atau notepad.
Download file
Supaya kamu bisa mendownload file yang sudah kamu edit caranya adalah tinggal klik file > download as > pilih docx jika kamu ingin mendapatkan file docx atau txt jika kamu ingin mendapatkan file txt supaya lebih mudah di edit menggunakan notepad atau kamu bisa mendownload sebagai pdf jika kamu ingin mendapatkan file pdf kembali.
Sebagai catatai gambar pada file pdf (kalau ada) tidak akan ikut terscan, karenan yang discan hanya huruf, dan angka saja. Namun jangan khawatir, kalau kamu masih ingin memasukan gambar, kamu tinggal select gambar pada pdf akan muncul kotak biru, kemudian tinggal klik kanan pilih cut atau copy. Dan paste ke page yang editable tadi atau kamu juga bisa memasukan gambar lewat komputer kamu, cara nya tinggal klik menu insert dan masukkan gambar kamu ke file yang editable tinggal simpan atau download saja.
Itulah cara edit file pdf menggunakan google docs dengan gratis, sangat berguna bagi kamu yang ingin edit file pdf tapi gak punya duit hehehe.