Cara Membuat Password Dengan Mudah, Aman Dan Mudah Diingat

Dengan berkembangnya internet yang sangat cepat, banyak sekali web-web baru tiap harinya yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kita. Seringkali web yang kita kunjungi memerlukan akun untuk mengakses semua fitur yang ada di web tersebut. seperti facebook, google, dan twitter secara tidak langsung kamu akan akrab dengan password, password merupakan kata sandi rahasia yang hanya diketahui oleh user itu sendiri, kata sandi ini digunakan ketika kamu login pada web tertentu selain username tentunya.
Dengan berkembangnya internet yang sangat pesat, kejahatan pada internet semakin meningkat tiap harinya banyak sekali password yang bobol atau dicuri oleh penjahat-penjahat internet. Untuk itu diperlukan semacam metode membuat password yang tidak mudah dibobol atau paling tidak sulit  ditebak. Berikut ini berbagai cara atau tips membuat password dengan  mudah dan aman bagi kamu.
Mudah diingat
Gunakan kombinasi password dengan kata-kata yang mudah diingat, dan huruf pertama dalam setiap suku kata usahakan menggunakan huruf besar karena akan lebih aman contoh “SayaAnakIndonesia” bukan “sayaanakindonesia” akan menjadi aman jika dikombinasikan dengan angka dan simbol. Contoh “SayaAnakIndonesiaNomer1”
Gunakan singkatan password kamu
Kamu bisa menggunakan singkat untuk kata-kata buat password kamu sehingga tidak ada yang tahu karena sulit diingat kecuali oleh kamu sendiri, contohnya adalah “saya cinta indonesia karena indonesia indah sekali” bisa dibuat dengan “SCIKIIS” mudah sekali bukan dengan demikian tidak ada orang lain yang tahu karena sulit diingat tapi kamu sendiri dapat mengingat password kamu dengan mudah.
Kombinasi dua kata
Kamu dapat menggunakan kombinasi dengan dua kata atau lebih untuk password kamu misalnya “Saya dan cinta” menjadi “scaiynata”, terlihat sangat sulit diingat oleh orang lain buka.
Menggunakan bahasa anak alay
Sebenarnya bahasa semacam ini sudah digunakan terlebih dahulu oleh para programer, namun diindonesia sendiri populer disebut sebagai produk dari bahasa alay. Mengganti huruf menjad angka
Misalnya A diganti dengan 4, angka B diganti dengan angka 13 atau bisa juga sebalikyna huruf diganti dengan angka. Contoh password dengan menggunakan metode ini adalah: password “sayacintaindonesia” menjadi “s4y4c1nt41nd0n3s14” menarik bukan.
Kombinasi huruf dan angka
Kamu juga bisa menggunakan nama film atau aktor favorit kamu dengan nomer handphone atau nomer rumah kamu, bisa juga menggunakan angka tanggal lahir kamu. Misalnya artis favorit kamu iwan fals dan nomer rumah mun 19 maka kamu bisa mengkombinasikanya menjadi “iwanfals19” mudah sekali bukan.
Ganti huruf dengan simbol
Hampir sama dengan menggunakan bahasa anak-anak alay, namun kali in menggunakan simbol sebagai contoh
A menjadi /-\
B menjadi ]3
F menjadi |= dan lain sebagainya
Gunakan generator online
Ribet dengan ide membuat password? Kamu bisa menggunakan tool generator password online untuk membuat password kamu, kamu bisa search di google menggunakan keyword “generator password tool”. Namun karena password otomatis dibuat oleh tool maka kamu tidak bisa membuat password sesuai dengan keinginan kamu, sehingga menjadi sulit untuk diingat, untuk itu ada baiknya kamu menyimpan password yang sudah kamu generate menggunakan tool tersebut.
kombinasi simbol
Tips lainnya adalah hindari kombinasi password yang sudah digunakan oleh kebanyakan orang dan sehingga mudah ditebak oleh orang lain seperti 123456 dll. Agar lebih aman masukan kombinasi simbol seperti &#^# karena kombinasi simbol tidak bisa dibaca oleh keyloger atau virus yang kemungkinan menyusup ke komputer kamu. Demikian artikel membuat password dengan mudah aman dan mudah diingat, semoga bermanfaat bagi kamu.