Cara Memilih Buah Kualitas Terbaik

Semua orang tentu menyukai buah, walaupun buah yang disenangi berbeda-beda jenisnya. Buah sendiri selain enak dan segar juga mengandung banyak sekali vitami dan zat-zat lain yang sangat berguna bagi tubuh kita. Buah sendiri memiliki aneka rasa dari manis sampai asam, buah seringkali berbuah tergantung musim tertentu untuk itu di bulan-bulan tertentu kita akan menjumpai banyak sekali buah tertentu misalnya pada musim mangga, dimana mangga dapat dijumpai dengan mudah di pasar dan dengan harga yang lebih murah tentunya karena melimpahnya stock mangga itu sendiri.
Namun tidak jarang ketika kita membeli buah kita selalu mendapatkan buah dengan kualitas yang buruk tidak jarang buah yang kita beli ternyata setelah kita kupas, buah tersebut busuk. Untuk ada banyak sekali tips atau cara dalam memilih buah ketika kita membeli buah supaya kita mendapatkan kualitas buah yang terbaik dengan rasa yang enak tentunya.
Beli pada musimnya
Ada baiknya untuk membeli buah ketika musim buah tersebut tiba tidak hanya semata karena harganya yang murah, tapi buah kualitas dan rasa terbaik dipengaruhi oleh musim dan biasanya musim mangga merupakan iklim dan suhu yang terbaik bagi kualitas buah mangga dibandingkan dengan musim lain.
Gunakan indra penciuman
Ciumalah buah dengan hidung maka anda dapat menentukan apakah buah tersebut sudah matang apa belum, selain itu buah yang busuk juga dapat diketahui dengan hanya mencium buah saja.
Warna dari buah
Perhatikan warna dari buah apakah buah sudah matang atau belum, tips jika anda ingin buah mengkonsumsi buah dalam jangka waktu yang relatif lama misal 2 sampai 7 hari, anda bisa memilih buah yang sedikit mentah atau buah yang akan matang, sehingga buah akan matang dalam beberapa hari ke depan ketika buah siap untuk dikonsumsi. Selain itu warna dari buah juga menunjukkan kualitas dari buah tersebut, apakah buat tersebut berasal dari bibit yang terbaik atau tidak dapat dilihat dari warnanya, buah dengan kualitas yang terbaik cenderung memiliki warna yang cemerlang dan sebaliknya buah dengan kualitas yang buruk memiliki warna yang kusam. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.
Ketuk buah
Ketuk-ketuk buah (seperti buah nangka, durian, atau semangka) dan dengarkan suaranya untuk memastikan apakah buah tersebut matang atau tidak. Kalau suara yang dihasilkan halus dan berat (“bug... bug... bug”) maka bisa dipastikan kalau buah tersebut sudah matang sebaliknya jika suara yang dihasilkan terdengar ringan dan kering (“tuk... tuk... tuk..”) maka bisa dipastikan buah masih dalam kondisi kurang matang.
Bekas batang buah
Lihat bekas batang buah apakah masih hijau segar atau sudah coklat kering dan layu. Batang buah yang masih hijau segar menunjukkan bahwa buah dipetik dalam janka waktu yang tidak lama sehingga buah masih segar, sebalikny batang buah yang kering dan layu menunjukkan buah berada dalam kondisi sudah tidak segar lagi karena sudah dipetik dalam jangka waktu yang sudah lama.
Ukuran buah
Perhatikan ukuran buah apakah lebih besar atau lebih kecil dari buah kebanyakan yang sejenis, buah dengan dengan ukuran yang lebih besar memang terlihat lebih menggiurka, namun buah dengan ukuran yang lebih besar nenukuju kecenderungan kurang manis.