Cara Menghindari Ketagihan atau Kecanduan Facebook

Facebook merupakan jejaring paling populer di dunia, semua orang memiliki akun facebook sehingga bisa dikatakan sangat aneh kalau tidak memiliki akun facebook. Bahkan banyak sekali saat ini anak-anak muda indonesia kecandua facebook, dalam satu hari pasti pernah membuka akun facebook merskipun tidak update status sama sekali dan hanya melihat-lihat tentang kabar dari teman-teman di facebook. Bahkan ada juga yang sangat kecanduan game facebook seperti poker dll, akibatnya sudah dipastikan tidak bisa lepas dari facebook sepanjang hari.
Untuk hidup yan lebih produktif facebook tentu sangat mengganggu, kecanduan facebook merupakan masalah yang sama sekali tidak disepelekan. Berikut ini adalah tips atau cara agar kita bisa terhindar dari kecanduan facebook dan dapat menghilangkan ketika mengalami kecanduan.
Abaikan request dari pengguna facebook yang lain
Abaikan semua request dari pengguna facebook lain terutama dari pengguna facebook yang tidak kamu kenal, karena user atau pengguna facebook yang lain akan ingat pengguna facebook tersebut tidak hanya memenuhi wall kamu dengan status nya saja tapi juga halaman atau fanpage yang mereka ikuti. Tidak sedikit dari mereka yang seringkali memberi notifikasi permintaan main game dari aplikasi game yang mereka ikuti, karena beberapa aplikasi meminta penggunanya untuk mengirim request permintaan pada pengguna facebook lainya. Jadi kalau ada permintaan pertemanan dari yang tidak kamu kenal kamu tinggal klik ignore.
Matikan kiriman notifikasi facebook ke email
Facebook secara default akan mengirimkan semua notifikasi ke email kamu. Nah supaya kamu tidak login terus menerus ke facebook karena melihat kiriman email berupa notfikasi facebook kamu bisa menghentikan kiriman notifikasi tersebut dengan cara masuk ke “account seting” kemudian klik notifications seting disitu kamu bisa matikan notfikasi ke email dengan seting off untuk semua notifikasi. Atau mungkin kamu bisa hanya menghidupkan notifikasi yang menurut kamu penting saja misalnya about account, privacy, and scurity.
Atau cara yang lain adalah menseting email kamu sendiri dengan melakukan filter dimana tiap kiriman dari facebook dimasukkan secara otomatis ke spam box sehingga kamu tidak akan melihat sama sekali semua kiriman email dari facebook, sederhana bukan.
Matikan chat kamu
Kamu juga bisa mematikan fitur chating pada facebook, karena posisi fitur chating yang masih hidup atau berwarna hijau akan mengundang temanmu yang lain untuk menchating kamu atau mengirimkan pesan padamu.
Aplikasi facebook
Matikan semua aplikasi atau game yang kamu ikuti dengan cara berhenti atau menghapus daftar aplikasi yang kamu ikuti. Sehingga apapun notifikasi dari aplikasi tersebut tidak akan pernah kamu ketahui karena kamu sendiri sudah tidak mengikutinya. ingat game facebook merupakan fitur yang paling lama membuang waktu dari pengguna. Beberapa pengguna yang kecanduan game facebook rela tinggal di warnet sehari semalam karena kecanduan game facebook.
Gunakan add on atau extension
Kamu bisa menggunakan add on pada modzila atau extension pada chrome untuk memblock situs facebook, sehingga ketika facebook di akses akan langsung di blok. Atau kamu gunakan timer yang berfungsi sebagai alarm kamu ketika ber facebookan ria seringkali lupa akan waktu, timer ini berguna untuk mengingatkanmu.
Jadilah produktif
Menjadi lebih produktif akan membantu kamu untuk menghindari facebook, menganggur dan tidak memiliki kegiatan atau aktifitas sama sekali akan membuat kamu selalu ingin ber facebookan ria walaupun hanya sekedar lihat-lihat saja.