Cara Meningkatkan Daya Fokus Kita

Fokus adalah kondisi dimana pikiran daya dan segala usaha terpusat pada satu hal saja sehingga hasilnya sangat maksimal. Tanpa fokus yang baik kita akan kesulitan mengerjakan sesuatu dengan baik dan benar sehinggan hasilnya sangat tidak maksimal.
Beberapa penelitian pada pelajar menunjukan kemampuan pelajar untuk fokus menjadi kunci sukses untuk menggapai prestasi, jadi walaupun ada pelajar yang belajar satu mata pelajaran tertentu memiliki waktu jam belajar lebih banyak namun kesulitan untuk fokus membuat nilai yang didapat tidak terlalu baik.
Dengan fokus kita bisa mendapatkan hasil yang bahkan melebihi kemampuan kita sendiri, hal ini karena ketika kita fokus kita mengerahkan segenap daya, usaha dan pikiran kita. Fokus dalam jangka panjang juga menjadi kunci sukses bagi seseorang, itu kenapa banyak sekali orang yang sukses bukanlah orang yang terlalu pandai, namun mereka adalah orang yang fokus menjalani usaha mereka.

Berikut ini adalah beberapa tips dan cara agar kita dapat meningkatkan daya fokus kita:
Membaca
Dengan membaca kamu dapat meningkatkan daya fokus kamu, membaca surat kabar, buku, membaca novel adalah salah satu contoh aktifitas yang baik untuk meningkatkan daya aktifitas kamu. Membaca novel lebih baik ketimbang membaca surat kabar, karena novel memiliki satu kesatuan cerita, sehingga kamu harus membaca semua bagian dengan fokus sehingga kamu dapat menangkap isi dari cerita dari novel tersebut. sedangkan surat kabar berisi kumpulan berita dengan isi yang sedikit sehingga tidak terlalu dibutuhkan fokus terlalu banyak untuk membaca surat kabar.
Tip ketika selesai membaca simpulkan apa yang sudah kamu baca, kamu bisa menuliskanya pada kertas. Atau mengatakanya baik secara lisan maupun dalam hati tentang isi dari buku yang  sudah dibaca.
Meningkatkan stamina daya fokus
Latihlah fokus kamu dengan mengerjakan suatu tugas dalam jangka waktu 30 menit tanpa ada gangguan apapun sama sekali kalau memang sudah berhasil mengerjakan tugas tersebut dengan fokus maka kamu bisa menambahkan 5 atau 10 menit, jangan pernah memaksa kalau memang tidak bisa atau sudah lelah, beristirahat lah jika memang kamu sudah lelah. Normal nya memang dalam 30 menit sampai 2 jam ketika fokus untuk mengerjakan suatu pekerjaan stamina akan menjadi lebih lemah atau lelah, untuk itu diperlukan istirahat selaman 30 menit agar bisa mengerjakan pekerjaan lagi dengan fokus.
Jangan suka menunda-nunda
Kebiasaan menunda-nunda akan membuat waktu mu terbuang dengan percuma, menunda selain menghabiskan waktu dengan percuma juga menghabiskan daya fokus  kamu secara Cuma-Cuma. Dengan menunda-nunda kita akan menghancurkan fokus yang sudah kita bangun dengan susah payah. Ketika kita mengerjakan tugas dan kita menundanya, secara tidak langsung kita memberi beban yang sangat berat pada diri kita sendiri, karena dibutuhkan daya fokus yang berlipat-lipat dibandingkan dengan biasanya.
Jauhi gangguan-gangguan
Jauhi gangguan-gangguan yang dapat membuyarkan fokus kamu, dari acara tv sampai dengan update status facebook temanmu. Jauhi internet kecuali kamu memang memiliki tugas atau pekerjaan yang berhubungan dengan internet. Hentikan juga sms an dengan temanmu atau ngobrol-ngobrol dengan temanmu.
Hindari multi tasking
Boleh saja kamu adalah orang yang multi talent namun jangan pernah melakukan banyak pekerjaan atau multi tasking, tidak ada orang yang sukses di dunia ini yang bersifat multi tasking. Multi tasking itu mengganggu daya fokus atau kosentrasi kamu, selain itu kamu akan menjadi lambat ketika mengerjakan tugas dan hasil yang didapat sangat buruk sekali. Jika kamu memang memiliki banyak sekali tugas yang haru di selesaikan susunlah tugas kamu berdasarkan skala prioritas yang kamu susun, kemudian selesaikan tugas kamu satu per satu.