Diet Terbaik Untuk Hidup Sehat

Hidup sehat merupakan dambaan semua orang di dunia ini, dengan semakin majunya dan modern hidup dewasa ini semakin memperburuk kualitas hidup dari manusia, mulai dari keadaan udaran yang semakin kotor, dan banyak sekali makanan yang mengandung bahan pengawet membuat pola hidup sehat menjadi sangat dibutuhkan oleh semua orang. Dengan menjalani pola hidup sehat kita akan terhindar dari penyakit yang sudah banyak sekali menjangkiti orang lain dewasa ini.
Salah satu cara menjalani pola hidup yang sehat adalah mengatur pola makan kita, karena makanan yang kita makan merupakan cerminan diri kita. Hampir 90 persen penyakit yang timbul disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi, jadi penting bagi kita untuk menjalani diet makanan sehat. Berikut ini adalah diet sehat agar hidup kita menjadi lebih sehat.
Makan pagi/ sarapan
Makan pagi atau sarapan sangat berguna bagi diet sehat kita, hal ini berbeda dengan kebanyakan pola diet jenis tertentu malah mengharamkan sarapan. Lakukan sarapan dengan benar, gunakan makanan dengan protein yang tinggi seperti telur, susu, buah sangat penting untuk menjaga energi anda sepanjang hari. Dan yang tidak kalah penting sarapan membuat anda menghindari makan makanan yang berlebih saat makan siang nanti, karena kecenderungan menghindari sarapan membuat kita melakukan balas dendam dengan makan makanan yang lebih banyak saat makan siang nanti.
Minum air putih
Minum banyak air putih setidaknya 1 liter sehari, minum air putih sangat penting bagi tubuh kita. Minum air putih dapat menentralisir racun atau toksin yang ada didalam tubuh kita, selain itu air putih sangat berguna untuk membantu metabolisme tubuh kita, air putih juga sangat bagus bagi ginjal kita.
Dengan meminum air putih kita juga membuat kulit kita menjadi bersih karena air putih membantu kita untuk meregenerasi kulit kita, dimana sel kulit mati kita akan digantikan dengan sel-sel kulit muda. Air putih juga dapat menjaga kestabilan suhu tubuh kita sehingga kita akan terhindar dari dehidrasi.
Makanan bergizi
Konsumsi makanan bergizi, makanan yang kaya akan protein dan jangan terlalu berlebihan terhadap makanan yang mengandung lemak, karena lemak dari bahan makanan tertentu sangat bergunan bagi tubuh anda lemak yang sangat bermafaat bagi tubuh kita banyak bersumber dari ikan tuna atau ikan salmon, buah-buahan seperti alpukat.
Pilih makanan berserat
Pilih makanan yang berserat dan cobalah untuk menghindari makanan yang memiliki kalori tinggi seperti daging. Makanan berserat sangat baik bagi metabolisme tubuh kamu sedangkan makanan dengan kalori yang tinggi dalam jangka waktu tertentu akan membentuk kolesterol pada tubuh kamu.
Mengatur makanan berdasarkan waktu
Untuk pagi hari makanlah makanan yang kaya akan protein, ada baiknya pada pagi hari menghindari nasi, karena karbohidrat hanya akan membuat energimu terkuras. Sedangkan pada siang nya barulah kamu bisa mengkonsumsi makanan besar maksudnya makanan yang terdiri dari nasi dan lauk pauk. Pada malamnya sebaiknya sebelum jam tujuh malam kamu hanya mengkonsumsi buah-buahan, karena buah-buahan mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang sangat baik bagi tubuh membantu metabolisme ketika kita tidur, juga membantu kita terhindar dari dehidrasi karena jangka waktu kita tidur sangat lama sekitar 7 jam.
Hindari makanan instan
Hindari makanan instan karena mengandung banyak sekali zat yang berbahaya, mulai dari pewarna buatan atau pemanis buatan yang sama bahayanya dengan rokok. Hindrai pula junk food seperti hamberger atau pizza karena makanan seperti itu sangat miskin gizi, lebih makan di warteg sederhana yang murah dan sehat.