Etika Facebok Menggunakan Facebook Dengan Baik Dan Benar

Facebook sebagai salah satu jejaring sosial telah menjadi bagian integral setiap orang, facebook secara tidak langsung menjadi identitas penggunanya. Tak jarang kita tahu karakter kejelekan orang dari facebooknya dengan facebook pula hubungan kita dengan teman kita bisa menjadi semakin dekat atau sebaliknya. Baru-baru ini ada berita tentang tawuran anak muda yang awal nya disebabkan oleh saling buly atau jelek jelekan di facebook, tentu kamu sendiri tidak ingin mengalami hal serupa tersebut bukan.
Untuk itu kamu harus tahu bagaimana mengguanakan facebook dengan baik dan benar sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, dan kamu sendiri mendapatkan dampak yang positif dari facebook tersebut. berikut ini cara menggunakan facebook dengan baik dan benar.
Facebook merupakan identitasmu
Kamu harus menyadari bahwa facebook adalah identitas kamu di dunia maya, artinya banyak orang yang memandang kamu dari akun facebook yang kamu miliki. Untuk itu kamu harus hati-hati ketika update status atau komentar di status orang lain.
Membuat status memang bebas sekehendak kamu, namun ada baiknya kamu update status yang memiliki nilai positif supaya memberikan semangat positif terhadap teman-teman kamu di facebook. Memiliki status yang hanya berisi status bernada negatif atau keluhan semata hanya akan membuat kamu dipandang negatif melulu sebagai orang yang suka mengeluh saja. Selain itu hindari buly atau menjelek-jelekan teman atau orang lain di status facebook kamu karena hal semacam itu hanya akan memperburuk jalinan pertemanan mu dengan teman mu sendiri tidak hanya di dunia facebook saja tapi juga di dunia nyata. Kalau kamu memang kesal atau memiliki masalah dengan temanmu bicarakanlah dengan ketemuan secara langsung, karena dengan ketemuan langsung banyak hal yang bisa dibicarakan secara luwes dibandingkan dengan menggunakan facebook.

Gunakan komentar yang membangun bernada positif bukan buly bernada negatif pad setiap status dari teman kamu atau status dari orang lain. Komentar bernada positif akan sangat dihargai dan disukai oleh yang membuat status.

Kadang kita menemui status yang berisi pertanyaan atau status tentang suatu masalah, berilah komentar yang bersifat jawaban atau komentar yang bersifat solusi membangun terhadap status tersebut, maka kamu akan memberikan dampak positif bagi bagi orang lain, dan komentar semacam inilah yang sangat disukai.

Kamu juga bisa memberikan kritik melalui komentar-komentar kamu, namun gunakan kritik yang membangun sehingga bukan sebaliknya dengan demikian tetap ada nilai-nilai positif pada komentar kamu.

Jangan spam, gunakan fanpage
Janga suka melakukan spam dengan melakukan spam ke pengguna facebook yang lain kamu menjadi tidak disukai dan pada akhirnya akan di remove dari daftar teman mereka. Spam pada facebook sendiri sebagaian besar berisi barang daganga atau promo jualan.

Facebook sendiri tidak melarang kamu untuk promosi barang dagangan kamu tapi ada tempatnya, jika kamu memang ingin jualan melalui facebook buatlah fanpage atau halaman di facebook kamu yang berisi berbagai hal tentang produk atau barang yang kamu jual. Dengan update status pada fanpage kamu maka status tersebut akan terposting pula di dinding penggemar atau pengguna facebook yang like atau suka dengan fanpage kamu. Dari sisi etika kamu diperkenankan untuk promosi karena dengan klik “like” suatu fanpage maka pengguna facebook memperbolehkan promosi ke dinding mereka.