Mengarahkan Hobi Dari Anak Sebagai Sarana Untuk Menghindari Gadget

Perkembangan teknologi saat ini sangat mempengaruhi pola perkembangan anak, banyak ditemui anak sekarang yang masih kecil namun sudah mamakai gadget atau smartphone baik untuk main game atau sebagai sarana hiburan yang lain beda sekali dengan anak-anak jaman dulu yang masih bermain menggunakan permainan tradisional semaca dakon main kelereng dan lainya.
Anak yang kecenderunganya hanya main gadget lebih cenderung bersifat individual, dan yang lebih disayangkan adalah potensi anak menjadi terhambat. Hal ini sangat disayangkan karena usia anak anak merupakan usia emas dimana bibit bakat mukai tumbuh. Sayang sekali bukan, kalau ketika bibit potensi anak tumbuh malah lebih sering bermain gadget saja.
Hobi sendiri merupakan suatu kebiasaan yang bisa dibentuk sehingga anda sebagai orang tua tidak perlu khawatir dengan serbuat gadget atau acaara TV.  Berikut ini berbagai kegiatan yang bisa membentuk hobi bagi anak karena hobi sendiri bisa di bentuk, sekaligus juga membentuk ketrampilan yang akan berguna bagi sang anak kelak.
Musik
Perkenalkan anak anda dengan musik yang sederhana, atau lagu yang memang diciptakan khusu untuk anak-anak. Lagu seperti bintang kecil atau bulan sangat dianjurkan, akrabkan anak dengan peralatan musik dimulai dari mainan berbentuk alat musik seperti piano namun bisa di bunyikan hal ini akan merangsang olah rasa dan membentuk kesukaan anak terhadap musik anda juga bisa memperkenalkan alat musik yang sebenarnya (asli bukan mainan) karena tidak ada yang berbahaya dari alat-alat musik.
Jika memang anak anda sangat menyukai musik anda bisa mendaftarkanya ke kursus-kursus musik agar hobi dan kesenangan anak anda tersalurkan. Anak anda tidak hanya berpotensi menjadi musisi namun yang terpenting adalah musik mengolah rasa anak anda sehingga meningkatkan sikap empati dari sang anak. Musik juga mampu meningkatkan kecerdasan sang anak sehingga membantu meningkatkan nilai sekolah sang anak.
Koleksi
Dengan memperlihatkan berbagi koleksi perangko akan membuat anak secara tidak langsung memperlajari geografis atau sejarah dari gambar yang ada di perangko tersebut. Atau koleksi batu-batu tertentu akan membuat anak menjadi lebih akrab dengan ilmu pengetahuan alam.
Kontruksi
Anak bisa diperkenalkan secara langsung dengan mainan balok yang di susun secara tidak langsung anak akan bermain dan belajar membuat kontruksi suatu bangunan dengan menyusun balok-balok dengan berbagai bentuk.
Yang paling baru anak juga bisa membuat suatu model kendaraan, bangunan, bahkan robot dengan menggunakan Leggo, lego sendiri merupakan produk yang sangat digemari di seluruh dunia saat ini. Dengan lego berbagai macam bentuk dan model bisa diciptakan.
Biarkan anak berkreasi menurut imajinasi mereka dan jangan tertawakan apapun hasil buatan mereka, karena itu hanya akan menghambat potensi mereka saja.
Olahraga
Olahraga sangat disukai oleh anak-anak anda bisa mengajak anak-anak berolahraga bersama-sama misalnya lari bersama, main basket bersama, atau main sepakbola bersama hal ini selain membuat sang anak menjadi sehat juga bisa mengarahkan hobi pada sang anak dan kalau memang ternyata anak sangat cocok dengan olahraga anda bisa memasukan ke klub-klub olahraga sehingga anak anda mendapatkan pelatihan profesional. Banyak hal yang didapatkan sang anak ketika ikut dalam suatu klub olahraga tidak hanya menjadi atlit semata yang terpenting adalah anak menjadi sehat, sportif dan memilikii jiwa kerja keras.
Demikianlah artikel bagaiman kita mengarahkan hobi dari anak agar anak terhindar dari gadget yang hari demi hari sangat memprihatinkan dewasa ini.