Mengenal Dan Menggunakan Google Advanced Search

Google merupakan mesin pencarian atau search engine terbesar di dunia, kalau kamu tahu sesuatu tinggal masuk aja ke google ketik kata kunci yang ingin kamu ketahui maka kamu akan disuguhi dengan ribuan bahkan jutaan laman web.
Termasuk jika kamu ingin mengerjakan PR kamu dari sekolah, di amerika serikat sendiri google sudah termasuk dalam kata kerja dan sudah resmi masuk dalam kamus resmi amerika serikat, kalimat “google it” di amerika memiliki arti carilah di google. Jadi google tidak hanya berarti merek dagang perusahaan tertentu saja, di Indonesia sendiri hanya tinggal menunggu waktu saja, setidaknya walupun belum resmi (masuk ke dalam kamus resmi bahasa indonesia) kita sudah sering mendengar atau mengatakan “carilah di google” bukan.
Google sendiri sebagai mesin  pencarian atau search engine memiliki berbagai fitur yang lengkap dan komplit. Diantara fitur-fitur yang ada advanced search merupakan suatu fitur yang canggih dari google yang jarang sekali digunakan oleh user termasuk sama kamu bukan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menggunakan google advanced.

Masuk google advanced
Pergi ke google.com kemudian klik icon seting (gambar gear) kemudian pilih advanced search maka kamu akan masuk advanced search yang memiliki banyak opsi untuk keperluan searching kamu.
Find page with..
Memiliki sejumlah opsi bagi keyword yang kamu masukan dalam pencarian
All these words merupakan opsi dimana kamu bisa memasukkan keyword yang ingin kamu cari tanpa filter apapun.
This exact merupakan fitur dengan pencarian exact atau kalau dalam bar search engine keyword dapat tanda petik seperti “keyword”. Keyword dengan tanda petik ini digunakan untuk pencarian yang memiliki keyword tersebut secara utuh saja, tidak di luar itu, misal kamu ketik “keyword1 keyword2” maka kamu akan disuguhi laman keyword1 keyword2 tidak dibalik, dan hanya laman yang memiliki titel dan content yang berisi keyword1 keyword2 saja yang di tampilkan.
None of this word berfungsi untuk memfilter kata atau keyword yang kamu tidak inginkan misal jika kamu memasukan keyword “mobil” maka itu berarti kamu memerintah google untuk menampilka laman web yang sama sekali tidak memuat frase kata “mobil”.
Number ranging from berfungsi bagi kamu untuk meminta google menampilkan laman berdasarkan range angka tertentu. Misal kamu ingin mencari harga baju dari 100$ sa 200$ kamu tinggal menambahkan angka 100$ to 200$ itu sama dengan kamu memerintah google untuk menampilkan laman yang memiliki content harga baju dari 100$ sampai 200$. Range atau rentang angkan ini berlaku untuk semua jenis satuan dari cm, meter, mata uang, suhu, atau kg kalau kamu ingin menambahkan parameter berat.
The narrow your results by
Language, kamu bisa menseting bahasa lama web yang ditampilkan di google, jadi dengan kamu memilih atau menseting bahasa tertentu maka google hanya akan menampilkan lama web yang hanya memiliki bahasa sesuai dengan bahasa yang kamu seting.
Last update, merupakan rentang waktu upddate laman web pada google, jadi jika kamu menseting last update 1 bulan makan kamu memerintahkan google untuk mencari laman web yang update 1 bulan terakhir.
Site or domain, berfungsi untuk mencari keyword pada laman web tertentu saja sebagi contoh jika kamu menambahkan asdfg.com maka itu sama dengan kamu memerintah google untuk mencari laman dengan keyword tertentu hanya pada asdfg.com saja.
Di atas adalah beberapa fitur dari advanced searc dari google semoga berguna bagi kamu.