Mengetahui Dan Menggunakan Layanan Google Drive

Google drive merupakan layanan penyimpanan cloud dari google layanan yang sama dengan dropbox dimana kita dapat menyimpan data kita secara cloud. Kita juga bisa mengakses data kita dimana saja, mengedit data kita, dan kita juga bisa menshare data kita, semuanya gratis alias tidak berbayar yang diperlukan hanyanlah akun google untuk mengaksesnya. Seperti diketahui akun google sangat berguna untuk mengakses semua produk layanan dari google.
Kelebihan lainya tentu saja kita dapat mengintegrasikannya dengan produk google yang lain, seperti kita bisa mengedit document menggunankn google office, semacam microsoft office tapi gratis dan berbasis online, jadi harus online dulu agar bisa menggunakan produk google tersebut.
Membuat dokumen baru
Kita bisa membuat document baru dengan mudah caranya adalah klik create new document >> pilih dokumen jenis apa yang akan dibuat (apakah word, spreedshet, presentation, atau drawing (gambar))
Conect more app
Google drive juga diintegrasikan dengan fungsi aplikasi dari pihak ketiga, tinggal cari addons yang tersedia di google.
Edit dokumen
Dengan google drive kita bisa mengedit dokumen seperti layaknya office dengan fungsi-fungsi yang tersedia pada toolbars, tampilan toolbars sendiri berbeda-beda tergantung jenis file apa yang akan di edit. Seperti toolbar pada microsoft word tentu berbeda dengan tampilan toolbars pada microsoft excel.
Download dokumen atau file
Semua file atau dokumen yang tersimpan di google drive dapa di download atau disimpan pada komputer kita dengan cara klik File >> pilih “download as” terus akan ada beberapa pilihan jenis format file yang kita inginkan, pilih jenis format file yang diinginkan kemudian file akan otomatis terdownload dan tersimpan di PC local anda.
Share file
Google drive juga menyediakan fitur share dengan cara klik File >> pilih “share..” . dengan fitur share anda bisa menshare dokumen anda ke facebook atau twitter
Menyimpan dokumen
Anda bisa menyimpan dokumen file seperti word, excell dengan cara menguploadnya ke google drive dengan demikian anda bisa menshare, edit, atau mendownload nya dimana saja, selama tersedia jaringan internet. Disamping itu anda juga bisa mendelete file yang tidak anda inginkan, jumlah space yang disediakan oleh google drive sendiri adalah 15 Gb free jika anda masih merasa kurang anda bisa memesan versi berbayar untuk mendapatkan space lebih. Kalau menurut saya tinggal buat akun google drive lagi aja, biar gratis selamanya.
Manajemen file yang baik
Google drive memiliki manajemen file yang sangat baik, kita bisa mengelompokkan file dalam folder tertentu, kita bisa memindahkan file kefolder yang lain, kita juga bisa menghapus folder, dan kita juga bisa membuat folder baru. Memindahkan file juga tinggal drag drop ke folder yang diinginkan persis microsoft windows.
Kesimpulan google drive
Itulah keunggulan google drive sebuah aplikasi penyimpanan berbasis cloud, storage berbasis cloud sendiri merupakan teknologi terbaru yang digadang-gadang sangat aman, dan cepat. Cuman mungkin koneksi internet menjadi kekurangan bagi mereka termasuk saya sendiri yang tidak terbiasa harus online dulu untuk mengakses data yang tersimpan, apalagi butuh koneksi internet yang lumayan cepat. Untuk ukuran indonesia tentu hal ini menjadi kendala. Namun demikian teknologi cloud ini akan menjadi solusi masa depan teruama bagi perusahaan yang ingin menyimpan data secara aman dan space yang besar, mereka tidak perlu lagi memiliki server tersendiri karena cukup upgrade akun google drive saja tentunya hal ini menghemat ongkos atau biaya perusahaan.