Menjaga emosi untuk hidup sehat

Emosi atau kondisi psikologis sangat berkaitan erat dengan kesehatan kita, dengan memiliki kondisi psikologis yang baik maka kita akan memiliki kecenderungan untuk hidup lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang memiliki kondisi psikologis yang buruk.
Sering kita jumpai ada orang  yang secara fisik dikategorikan dengan tubuh yang sehat dan rajin berolahraga, namun tiba-tiba dinyatakan atau divonis mengidap penyakit kanker atau stroke. Hal ini tidak terlepas dari kondisinya yang secara psikologis mengalami stres ketika kerja, sehingga aliran pembuluh darah dalam tubuh tidak lancar, dan dalam jangka waktu tertentu akan mengalami penyumbatan yang berakibat pada penyakit berat seperti jantung, kangker, atau stroke.
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu tiru agar kamu memimiliki emosi yang baik, tidak stres atau mudah marah. Sehingga kamu akan tetap sehat, disamping itu yang lebih penting adalah kamu akan memiliki hidup yang lebih bahagia.
Berpikir positif
Berpikir positif adalah cara kita memandang segala sesuatu dengan positif, misal kita memandang musibah yang melanda sebagai cobaan dari tuhan untuk menaikan derajat kita. Kita lebih suka berpikir tentang kelebihan kita, tentang kesuksesan orang lain yang menginspirasi kita. Tidak suka berpikir tentang hal-hal yang bersifat negatif misalnya tentang keburukan orang lain.
Berpikir positif ternyata dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita, ada banyak sekai penelitian bahwa orang-orang yang selalu berpikir positif memiliki tingkat kekebalan tubuh yang baik sehingga jarang sekali sakit.
Bersyukur
Dengan mensyukuri  segala hal yang kita miliki sekecil apapun itu kita akan menjadi lebih bahagia. Kabahagiaan sendiri tidak ternilai jadi buat apa kalau kita memiliki banyak hal namun kita tidak bisa mensyukurinya hasilnya kita tidak akan menjadi bahagia. Ketidak puasan bersumber dari keinginan kita yang tidak terbatas, adalah hal yang normal manusia memiliki keinginan yang tidak terbatas namun ketidakmauan untuk bersyukur akan membuat kita tidak akan pernah berbahagia.
Lebih memikirkan hal-hal yang kecil
Lebih memikirkan hal-hal kecil yang ada disekitar kita saat ini akan membuat kita jauh lebih bahagia ketimabang memikir kan hal-hal yang besar namun sangat jauh dari jangkauan kita. Lebih memikirkan yang terjadi sekarang lebih membuat kita bahagia ketimbang memikirkan yang akan datang atau masa depan.
Menghadapi stres
Kehidupan yang semakin modern membuat semua orang pasti mengalami stres, menghindari stres itu sangat penting, namun menghadapi stres atau mengelola stres juga tidak kalah penting. Jika kondisi kita sedang stres luangkan waktu untuk kurang lebih 5 menit dengan menarik nafas secara perlahan, berpikir sejenak tentang kondisi yang ada sambil memjamkan mata. Beribadah dengan sholat  5 waktu juga sangat penting untuk mengendalikan stres kamu karena kerja. Luangkan waktu seminggu sekali ketika libur kerja untuk berlibur ke tempat wisata. Pergi ke tempat wisata yang jauh, atau naik gunung bisa di agendakan setidaknya 3 atau 6 bulan sekali, maka dijamin kita akan kembali ke dalam rutinitas dengan pikiran yang lebih segar.
Teman yang menyenangkan
Pilih teman-teman yang menyenangkan, teman yang senantiasa membuat kamu tertawa bahagia, dan hindari teman yang selalu berpikiran negatif, teman yang memiliki kebiasaan mengungkap keburukan orang lain karena teman yang seperti ini hanya akan membuat suasana hatimu menjadii lebih buruk.
Jadilah lebih produktif
Jadilah individu yang lebih produktif, dengan menjadi individu yang lebih produktif kita akan menjadi lebih fokus, dan akan terhindar dari pikiran-pikiran yang buruk.