Tips atau cara menentukan prioritas

Prioritas merupakan kumpulan target atau tujuan yang harus diselesaikan karena tingka kepentinganya, dengan kemampuan membuat prioritas tujuan yang harus dicapai dengan baik maka kesuksean hidup dapat dicapai dengan mudah. Sukses tidak hanya dalam pekerjaan atau usaha namun juga sukses dalam hubungan keluarga, teman, atau masyarakat.
Karena kita dapat bekerja dengan baik atau menjalankan kewajiban dengan baik dan maksimal namun tidak kehilangan waktu dengan keluarga atau teman. Kita juga tidak ingin kan sukses dalam pekerjaan atau kuliah namun mengorbankan hubungan dengan orang-orang yang kita cintai.
Dengan menentukan prioritas yang baik maka kamu bisa mengurangi stres, menghemat energi, menghemat waktu, dan juga bekerja secara efisien. Sering kita jumpai orang yang kacau dalam  mengerjakan tugas atau pekerjaanya, hal ini tidak lain dan tidak bukan adalah karena ketidakmampuanya untuk menetukan skala prioritas dengan baik. Berikut ini adalah tips atau cara untuk enentuka skala prioritas denga baik dan benar.
Tulis deadline tugas atau kewajiban berdasarkan rentang waktu
Kita semua pasti tugas atau kewajiban yang harus kita selesaikan dalam jangka waktu tertentu baik itu dalam pekerjaan atau dalam studi kuliah. Nah kita perlu memilah-milah berdasarkan waktu deadline nya. Kamu bisa menyusun target untuk diselesaikan menjadi 2 yaitu target jangka pendek dan target jangka panjang.
Target jangka pendek
Target jangka pendek berisi kumpulan tugas atau kewajiban yang harus diselesaika pada hari itu juga, biasanya tugas tersebut bisa diselesaikan dalam beberapa jam saja. Contoh: mengerjakan laporan harian. Semua daftar target dalam jangka pendek bisa diselesaikan dengan cepat dan saat itu juga.
Target jangka panjang
Target jangka panjang berisi tugas atau kewajiban yang bisa diselesaik dalam beberap hari atau minggu. Biasanya tugas dan kewajiban ini memang seperti proyek yang tidak bisa diselesaikan hanya dalam jangka waktu pendek misal: tugas semester buat yang kuliah.
Tulis tugas berdasarkan tingkat kepentinganya
Beberapa tugas atau proyek memiliki sifat yang sangat penting maka dianggap urgent atau mendesak sekali kamu bisa memilah tugas berdasarkan tiga hal yaitu ringan, sedang, berat kamu juga haru memberi keterangan jangka waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas tersebut. ada baiknya kamu memberi waktu sendiri berdasarkan estimasi mu terhadap penyelesaian tugas tersebut. kamu juga harus memberikan keterangan waktu yang diberikan oleh atasanmu karena dalam banyak kasus proyek, tugas atau pekerjaan  mendapatkan jangka waktu untuk diselesaikan dari atasan kita.
Daftar alternatif
Tidak semua tugas atau kewajiban dapat dilakukan dengan baik, ada baik nya menyelesaika beberapa tugas dengan baik dan memiliki hasil yang maksimal daripada menyelesaikan semua tugas namun hasilnya semuanya amburadul. Untuk kita perlu membuat daftar tugas alternatif dari yang sudah kita buat dengan demikian kita fleksibel atau bersikap dinamis terhadap segala perubahan.
Tempelkan
Tempelkan semua daftar tugas atau kewajiban yang harus diselesaikan pada meja atau lemari, pokoknya pada tempat yang mudah di lihat atau tempat dimana kamu berada. Hal ini bergunan agar kamu tidak lupa terhadap tugasmu, dan kamu juga dengan mudah mengerjakan tugas prioritas berdasarkan tulisan yang sudah kamu tempelkan, tinggal lihat saja.
Berpikir positif
Kamu harus berpikir positif bisa melakukan semua tugas yang sudah kamu susun, dan kamu harus yakin memiliki kemampuan untuk memberikan hasil yang terbaik terhadap tugas atau kewajiban yang sudah di bebankan sama kamu.