Tips Bagi Penderita Sariwan

Sariawan merupakan lika kecil yang ada pada mulut bagian dalam, baik pada gusi, pada rongga mulut. Biasanya sampai di tandai dengan ada bisul pada bagian rongga dalam mulut juga pada pipi bagian dalam, beberapa penderita sariawan juga sampai mengalami pembengkakan lidah, sampai pada pembengkakan getah bening. sariawan sendiri terjadi di sebabkan oleh kurangnya nutrisi pada tubuh kita seperti vitamin.
Sariawan berakibat pada demam, suhu badan tinggi, daya tahan tubuh menurun dan yang paling penting adalah berupa sakit pada mulut kita menyebabkan kita tidak enak makan karena kita tidak mampu mengkonsumsi makanan, sehingga badah akan menjadi cepat lemas. Sariawan membuat kita sensitif terhadap makanan panas maupun dingin juga sensitif terhadap makanan yang bertekstur keras.
Selain itu sariawan juga mengganggu aktivitas kita dalam berkomunikasi karena kita akan kesulitan berbicara sebagaimana biasanya pada kondisi normal. Disamping itu kadang juga muncul bau tidak sedap dari mulut kita, sehingga menjauhkan kita dengan lawan bicara kita. Karena disebabkan oleh kurangnya nutrisi vitamin terutama vitamin B kita perlu mengkonsumsi suplemen vitamin B dan C atau juga suplemen yang memiliki beragam vitamin namun masih mengandung vitamin B dan C.
Mengobati sariawan secara alami
Namun demikian ada cara yang praktis bagi anda yang tengah mengidap sariawan, berikut ini adalah cara praktis menghadapi sariawan:
Soda kue (baking soda): baking soda sendiri sudah digunakan selama bertahu-tahun untuk mengatasi sakit sariawan cara nya adalah dengan mencampurkan satu sendol teh soda kue dengan air hangat kemudian gunakan campuran tersebut untuk kumur-kumur (*ingat jangan diminum ya), dengan cara ini anda dapa menghilangkan rasa sakit akibat sariwan dalam waktu 24 jam, anda juga bisa menggunakan soda kue sebagai pasta, dengan menambahkan soda kue dengan sedikit air makan akan terbentuk pasta yang bisa anda gunakan sebagai pasta sikat gigi.
Garam: anda bisa menggunakan garam beriodium dengan mencampurnya dengan air terus gunakan sebagai kumur-kumur namun cara ini akan mengakibatkan rasa sakit sekali pada mulut anda yang terkena sariawan namun sangat efekti menghilangkan sariawan 24 jam.
Menggunakan obat sariawan.
Saya sendiri pernah mencoba obat ini dan terbukti dalam 24 jam sariawan menghilang dan luka pada mulut bagian dalam dan juga pipi bagian dalam berangsur-angsur menghilang dalam satu atau dua hari sehingga saya bisa mengkonsumsi makanan yang saya sukai dengan normal dan tanpa rasa sakit.
Menghindari makanan: hindari makanan yang bertekstur keras, panas, dingin dan juga pedas. Karena makanan tersebut hanya akan memperparah luka dan sakit anda saja, sehingga anda juga tidak akan lekas sembuh. Anda juga harus menghindari makanan asam, makanan manis seperti karena hanya akan meningkatka rasa sakit anda. Kopi dan buah jeruk serta rempah-rempah wajib dihindari karena akan mengiritasi mulut anda saja. Gunakan makanan yang lunak tidak asam, manis dan juga tidak pedas untuk anda seperti roti tawar.
Vitamin B dan C: sariwan pada dasarnya kurangnya nutrisi pada tubuh kita terutama vitamin B dan vitamin C untuk itu di anjurkan bagi kita untuk mengkonsumsi buah-buahan, suplemen, atau makanan yang mengandung vitamin B dan C.
Tips jika sariawan anda tidak kunjung sembuh pada rentang satu minggu sebaiknya anda menghubungi dokter ahli karena ditakutkan yang anda derita bukan sariawan melainkan penyakit lainya seperti kanker mulut.