Tips Cara Edit Microsoft Office Menggunakan Google Drive Gratis

Microsoft office dari microsoft yang paling banyak digunakan terutama di Indonesia walaupun sudah banyak alternatif produk nya seperti linux namun tetap microsoft office tak terkalahkan. Hal ini tentunya termasuk alasan semakin meningkatnya pembajakan, karena perlu diketahui bahwa produk microsoft office berharga jutaan, mahal sekali  untuk ukuran kantong rata-rata orang indonesia.
Penggunaan produk microsoft office membuat hampir semua file editing berkekstensi doc, xls atau ppt yang mana jenis file seperti ini hanya lebih luwes bila di edit menggunakan software dari microsoft itu sendiri.
Salah satu alternatif terbaik dari microsoft office adalah produk office dari google mulai dari drive sampai dengan google docs, produk dari google memiliki fitur yang tidak kalah dengan microsoft itu sendiri sehingga kamu tidak akan kagok ketika menggunakan google docs, disamping itu google docs juga sudah memiliki fitur convert file dan menyimpan file menggunakan ekstensi file pdf sehingga kamu tidak usah bingung mau menyimpan atau mendownload file jenis apa, sebenarnya kita sendiri bisa menyimpan file menjadi file pdf menggunakan microsof words namun masih diperlukan add in agar kita bisa mengcovert file menjadi pdf, jadi jika kita ingin convert file menjadi pdf kita harus mendownload add in nya terlebih dahulu dilaman microsoft.
Cuman kelemahan menggunakan google docs diperlukan koneksi internet untuk mengaksesnya, karena semua aplikasi buatan google ini berbasiskan web, disamping itu diperlukan akun google. Namun kesemuanya itu gratis, jadi kamu bisa hemat uang senilai jutaan rupiah.
Berikut ini cara edit file microsoft office menggunakan google docs dengan gratis.
Login ke google drive
Pertama kamu harus login terlebih dahulu ke google menggunakan akun google kamu, jika kamu tidak memiliki akun google kamu bisa membuatnya dengan gratis dan kamu bisa mengakses semua produk dari google.
Rubah seting upload seting google
Rubah setingan upload google docs dengan cara klik seting (tanda gear sebelah kanan atas) pilih upload seting >> convert upload files to google docs format, ini berguna untuk mengcovert file microsoft words kamu ke google doc documents, mengcovert file dari microsoft excel ke google spreadshet documents, mengcovert file dari microsoft power point ke google slides presentations. Dengan demikian file bisa di edit dengan mudah menggunakan google docs.
Upload
Upload file kamu bisa doc, xls, atau ppt ke google drive dengan denga cara klik ikon upload di sebelah kanan tombol create. Maka file kamu kamu akan tersimpan ke google drive, klik myDrive untuk melihat file-file yang kamu upload.
Edit file
Centang file yang akan kamu edit, kemudian klik kanan kemudian pilih open with pilih google docs, kemudian file kamu bisa dibaca atau di edit di google docs di new tab.
Simpan atau download
Jika kamu selesai edit dan pingin meyimpan di komputer kamu tinggal pilih menu file kemudian pilih download pilih dowload sebagai doc atau pdf sesuai dengan keinginan kamu. Kamu juga bisa hanya menyimpan file tersebut dengan klik menu file >> pilih simpan atau save, jadi file kamu akan tersimpan di google drive, dan kamu bisa mengaksesnya kapan saja dimana saja. Sebagai tambahan besar space yang disediakan oleh google secara gratis adalah 15

Nb, kalau kamu ingin memperbesar space kamu, kamu bisa upgrade akun google drive kamu menjadi akun premium.