Tips Cara Memilih Wortel Dengan Baik dan Benar

Wortel merupakan salah satu bahan makanan yang sangat bergizi, wortel dapat dibuat sebagai bahan makanan seperti sayuran atau langsung di jus. Wortel sangat kaya akan vitamin terutama vitamin A untuk itu wortel seringkali menjadi bahan makanan yang tidak boleh di lewatkan ketika menjalani pola makan diet, setidaknya paling tidak meminum jus wortel tiap pagi harinya.
Nutrisi yang baik juga ditentukan oleh kualitas wortel yang kita dapat atau yang kita beli, untuk itu kita harus pandai memilih wortel dengan baik dan benar pada waktu membeli dan juga mampu menyimpan dengan baik setidaknya sebelum akan dimasak atau dikonsumsi. Disamping itu wortel dengan kualitas terbaik akan memberikan rasa yang lebih enak pula.

Karakteristik fisik wortel sangat menentuk kualitas dari wortel. Pilih wortel yang memiliki karakteristik fisik yang baik, wortel yang bagus memiliki kontur kulit yang halus, memiliki warna oranyer yang cerah. Disamping itu wortel yang bagus memiliki tubuh yang gemuk sehingga sangat mudah untuk dikupas dan memiliki kandungan daging dan nutrisi yang banyak. Ada baiknya kalau wortel yang di beli masih memiliki daun yang menempel di atas nya hal ini selain menunjukkan kesegaran dari wortel itu, juga untuk  membantu wortel agar lebih tahan lama dan tidak cepat busuk.

Pilih wortel yang masih segar dan tidak busuk, caranya adalah dengan mellihat bagian ujung dari wortel itu sendiri apakah benyek atau tidak. Kebanyakan wortel busuk dimulai dari paling ujung  (tempat daun tumbuh).

Pilih wortel yang memiliki bentuk medium memanjang dan sedikit lancip diujungya, karena hal tersebut memudahkan kita dalam memasak dibanding kan dengan wortel yang memiliki bentuk bercabang atau bentuk yang aneh lainya. Sebagai gambaran wortel impor cenderung memiliki tubuh yang gemuk dan sedikit lancip di bagian ujuang yang lainya, sedangkan wortel lokal memiliki tubuh yang relatif kurus dan lebih lancip di ujung yang lalinya.

Pilih wortel yang masih muda tidak terlalu tua, biasanya wortel yang tua memiliki bentuk yang sangat besar dan juga lebih keriput atau kering dibandingkan dengan yang masih muda. Wortel yang masih muda memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan dengan wortel yang lebih tua.

Hindari wortel yang memiliki goresan, retakan, apalagi yang memiliki tekstur lembek pada tubuhnya karena hal tersebut akan mengurangi kualitas dari wortel itu sendiri baik dari rasa maupun dari sisi nutrisi. Retakan pada wortel juga membuat tanah yang penuh dengan bakteri masuk kedalah wortel, dan cenderung sulu untuk di bersihkan.

Pilihlah wortel yang organik, wortel yang organik artinya wortel yang ditmbuh kembangkan tanpa menggunakan bahan-bahan dari kimia pestisida sama sekali, karena kandungan pestisida sangat berbahaya bagi tubuh manusia dalam jangka panjang.

Pemberlakuan wortel juga ketika akan dikonsumsi juga sangat menentukan nilai nutrisi dan juga cita rasa dari wortel tersebut. sebelum di masak cuci dahulu sampai bersih sehingga kuman bakter yang menempel atau sisi residu pestisida yang menempel hilang. Proses memasak yang baik bagik wortel adalah di kukus, karena mempertahankan kandungan gizi dan juga rasa dari wortel namun kita juga bisa memakanya atau memasukan ke sup mentah-mentah, hal itu jauh lebih baik. Bagi yang suka dengan jus, bisa juga dengan membuat jus dari wortel tersebut tanpa menggunakan gula, jus wortel seringkali dipakai sebagai minuman bagi mereka yang sedang menjalani diet sehat.