Tips Dan Trik Menggunakan Microsoft Word Terbaru

Microsoft word merupakan software word procesing, dengan word kita bisa mengetik membuat laporan, pekerjaan rumah bagi yang masih sekolah, tugas-tugas kuliah dan  word merupakan software yang paling populer. Dengan penggunaan yang lebih sering ketimbang software microsoft yang lain. Dengan word segala pekerjaan mengolah dokumen menjadi lebih mudah, sekaran ini banyak sekali orang yang sudah menguasai microsoft word dengan baik.
Ibaratnya kalau ada yang tidak menguasai word bisa di katakan sebagai super gaptek atau mungkin orang tua. Ya maklum lah masak orang tua harus menguasai microsoft word, buat apa coba?. Tapi meski banyak yang menguasai dan sering menggunakan microsoft word ternyata banyak juga yang tidak tahu fitur fitur yang bisa dikatakan tersembunyi. Padahal fitur ini sangat berguna untuk mempercepat pekerjaan kita untuk mengolah dokumen sekaigus juga menyenangkan.
Berikut ini tips dan trik microsoft word, agar kita lebih cepat dan menyenankan ketika mengolah dokumen.
Change Sentence Case : merubah besar huruf di awal kata “Contoh”, huruf besar semua huruf “CONTOH” atau huruf kecil semua “contoh” gunakan tombol shift + F3 untuk merubahnya sehingga anda tidak usah menggunakan tombol CAPSLOCK atau menggunakan menu change case pada menu karena kelamaan dan ribet.
Seleksi, block, atau highlight : seringkan kita musti untuk men seleksi kata pada paragraph untuk keperluan format atau copy paste, kebanyakan menggunakan mouse. Nah untuk lebih praktis nya gunakan tombol shift + tanda panah (tanda panah tergantung pada ke arah mana seleksi dilakukan) seleksi ini berguna untuk per-kata atau per baris , sedangkan ctrl + tanda panah untuk block per huruf.
Seting huruf besar awal paragrap: ribet kan kalau harus di lakukan manual format huruf besar awal paragrap, atau huruf besar setelah tanda “.” (titik). Nah untuk mensetingnya supaya otomatis tekan office button (itu logo office yang ada di atas pojok kiri) > word options > proofing > autocorect options > centang capitalize first sentences.
Seleksi text seperti photoshop: pernah mencoba fitur photshop marque? Nah word sendiri ternyata juga memiliki fitur semacam ini. Sehingga kita dapat menseleksi kalimat yang ingin kita edit dengan cepat. Untuk melakukannya cukup tekan tombol alt kemudian drag kursor dengan mouse. Seperti pada gambar di bawah ini.

Ketik dimana saja: dengan word kita juga bisa mengetik dimana saja, tidak tergantung dari mulai dari kiri atau mulai dari kanan atau tengah (tergantung paragraph align yang kita seting), melainkan dimana saja seperti pada photoshop cara nya adalah double klik tempat dimana anda ingin mengetik atau menulis, keren kan.
Menformat ke plain text: seringkali kita mengcopy text lain yang berasal dari dokumen lain atau dari suatu situs tertentu masih menyisakan format asli dari sumber tersebut, apa kah itu ukuran huruf, style atau jenis huruf. Biasanya kebanyakan orang meng copy nya terlebih dahulu ke dalam
notepad kemudian di pindah ke word. Ternyata word sendiri sudah memiliki fitur untuk merubah format ke plain text cara adalah block huruf atau kalimat yang ingin kita rubah kemudian teka ctrl + space bar.
Kalkulator: tidak banyak orang yang tahu bahwa dengan word kita bisa menghitung perhitungan matematika tidak hanya excel saja. Fitur ini harus diaktifkan terlebih dahulu caranya adalah klik office button > word options >quick Acces tolbars > pilih all comand > add calculate.
Juka sudah untuk menghitung perhitungan matematika cara adalah block perhitungan (misal:5+9) anda terus klik calculate hasil nya ada di status bar (di bawah editor).