Tips Menulis Buku Harian Atau Diary

Menulis buku harian atau diary itu menyenangkan lo, dengan buku harian kita dapat curhat menuangkan isi hati kita dengan tulisan di buku harian tersebut, alhasil buku harian adalah sahabat yang selalu mengiringi hidup kita. Kita bisa menuangkan dalam tulisan isi hati kita pada saat bahagia atau sedih, kita juga bisa bercerita pada diary atau buku harian tentan kejadian yang sedang kita alami.
Buku harian atau diary kebanyakan diasosiasikan dengan cewek, karena banyak sekali cewek yang selalu menulis buku harian dan kalau cowok punya buku harian akan di tertawain tuh “masak cowok punya buku harian atau diary sih” padahal pandangan semacam ini tidak benar sama sekali.
Di luar negeri buku harian itu sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan tidak terbatas hanya pada cewek atau cowok semata. Banyak sekali ilmuwan, pemikir atau musisi cowok yang memiliki penampilan gahar memiliki buku harian atau diary, contoh Albert Einstein dan Kurt Cobain. Buku harian itu sudah menjadi dokumentasi pribadi kehidupan mereka.
Berikut ini tips menulis buku harian atau diary buat kamu.


Buku harian adalah teman
Pahamilah bahwa buku harian mu itu adalah saksi hidup kisah hidupmu, buku harianmu itu adalah teman atau sahabat yang selalu siap menampung segala keluh kesahmu. Dan tentunya buku harianmu itu adalah sahabat yang paling kamu percaya karena segala rahasia yang tidak kamu ceritakan pada orang lain kamu tulis di buku harianmu.
Sesuai runtutan waktu
Pakailah buku harian yang siap jadi, maksudnya buku tersebut sudah memiliki keterangan waktu tiap lembarnya sehingga kamu tidak perlu kebingungan, menulis buku harian itu haru sesuai dengan runtutan waktu, mirip dengan timeline di facebook kamu.  Jika tidak kamu bisa membuat secara manual baik dengan menuliskan nya pada titik tertentu di halaman buku atau dengan menmbahkan kertas lain sebagai penanda waktu. Kelebihan nya buku harian seperti ini adalah space atau ruang bisa lebih luas tidak hanya satu lembar untuk persatuan waktu.
Memiliki buku harian karena memang butuh
Memiliki buku harian harus karena memang benar-benar butuh dan tidak ikut-ikutan yang lain seperti teman-temanmu, karena buku harian bukan sebagai ajang gaya-gayaan.
Tulis hal-hal yang kecil
Mulailah menulis berbagai hal atau kejadian yang kecil dan sederhana yang terjadi pada buku harianmu. Tidak harus menuliskan hal yang besar, hal yang kecil dan sederhana seringkali menjadi kejadian yang ingin selalu diingat.
Tulis malan menjelang tidur
Kalau kamu sering melihat film atau sinetron dimana salah satu adegan seorang pemain sinetro menulis diary di malam menjelang di kamar tidur itu tidak salah sama sekali. Menulis buku harian di malam hari menjelang tidur disarankan karena kita bisa membayangkan segala kejadian yang terjadi pada hari tersebut dan kita tulis di buku harian kita.
Warnai tulisan kamu
Kamu bisa menambahkan gambar gambar yang menarik untuk setiap kejadian pada buku harian kamu. Coretan yang menggambarkan emosi kamu pada saat kejadian tersebut akan membuat buku harian mu menjadi lebih hidup. Gambar gambar tertentu juga bisa kamu tambahkan untuk menggambar kan kejadian yang kamu tuangkan tersebut. kamu juga bisa menggambar lampu yang menyala untu setiap ide yang kamu dapatkan di buku harian. Banyak sekali gambar yang bisa kamu pakai karena buku harian bisa jadi berupa tips, atau trik yang kamu tahu.