Tips Trik Cara Mengingat Kata Atau Angka Dengan Mudah

Mengingat kata sangat berguna sekali terutama buat kamu yang sedang belajar demi menghadapi ujian, karena dengan mengingat kata dengan mudah proses belajar kamu menjadi lebih mudah tentunya, dan kamu nggak harus susah payah menghadapi ujian karena kamu sudah mengingat atau menghafal bahan ujian kamu.
Sebagai catatan tentunya tidak hanya menghafal yang menjadi kunci agar kamu mendapatkan nilai yang bagus ketika ujian, karena kemampuan nalar dan logika sangat dibutuhkan dalam ujian, namun demikian bernalar dan berlogika akan menjadi lebih mudah atau setidaknya terbantu jika kamu sudah menghafal bahan bahan untuk ujian kamu.
Mengingat kata tidak hanya berguna pada sekolah atau kuliah kamu semata namun juga sangat berguna untuk mengingat alamat, nomer telepon, dan lain-lain. Berikut ini adalah tips dan trick mengingat kata atau angka dengan mudah buat kamu.
Gunakan gambar imajiner
Menggunakan gambar sebagi pengingat sangat ampuh untuk mebuat kita mengingat dengan mudah dan dalam jangka waktu yang lama, karena otak sendiri cenderung lebih cepat dan menyimpan gambar dalam memori lebih lama ketimbang meyimpan memori yang berkaitan dengan huruf atau angka.
Caranya adalah visualisasikan angka dengan dengan benda benda nyata yang identik dengan angka yang ingin kita ingat seperti angka  5 identik dengan jari kita yang berjumlah lima, angka 4 identik dengan jendela yang memiliki 4 kaca.
Gunakan kertas sticky
Kertas sticky adalah kertas kecil yang berfungsi sebagai catatan tentanga kata, angka atau mungkin rumus yang ingin kita ingat, uniknya sticky note bisa ditempelkan dimana saja dimeja atau dilemari. Catat kata, angka, rumus yang ingin kamu ingat dan tempelkan sticky note kamu ditempat-tempat dimana kamu sering lihat seperi lemari, lemari belajar, meja belajar atau meja makan sehingga kamu tetap melihat angak atau rumus di mana saja dan kamu akan medah mengingat dengan mudah.
Gunakan asosiasi
Gunakan asosiasi angka untuk mengingat cara adalah misal 2375 kamu bisa mengasosiasikan angaka “23” dengan nomor punggung michael jordan “75” dengan umur nenek kamu. Gunakan kreativitas mu dengan untuk melakukan asosiasi, hal yang terpenting dalam melakukan asosiasi gunakan kejadian atau objek yang sangat berarti bagi kamu, sehingga selain mudah diingat juga sangat sulit untuk dilupakan karena berhubungan dengan hal-hal yang sangat penting atau berarti bagi kita.
Ubah huruf menjadi kata
Mengubah huruf menjadi huruf pertama dalam kata juga menjadi sarana yang cukup efektif misalnya “D“ menjadi dada “P” menjadi perut. Karena ketika kita merubah huruf menjadi kata otak kita lebih cepat memvisualisasi secara otomatis jadi ketika kita membaca “dada” tentu otak kita dengan cepat memvisualisasikan nya dan cepat menyimpanya dalam memori dibandingkan dengan huruf misal “D” yang lebih sulit disimpan dalam memori.
Berpikir positif
Berpikir negatif “bahwa saya memiliki memori yang sangat buruk” karena hal ini akan membuat anda beneran memiliki memori yang sangat buruk. Ingat pepatah hati-hati dengan ucapanmu karena hal itu akan menjadi kenyataan. Ilmiahnya adalah bagaimanapun juga kepercayaan diri dan berpikir positif membuat otak kita bekerja selaras dengan yang kita pikirkan, karena kita berada dalam kondisi yang nyaman.
Melatih dengan permainan
Kamu bisa melatih memori otak kamu dengan berbagai permainan yang bisa meningkatkan memori otak kamu. Contoh berbagai macam mainan yang bisa meningkatkan daya ingat otak kamu adalah puzle, sudoku dll. Kamu bisa mendapatkan permainan dengan mudah terutama bagi kamu yang punya smarphone android, tinggal download aja di google playstore mudahkan.