5 Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan

Cuka apel merupakan produk turunan dari sari apel yang difermentasi, cuka apel walaupun rasanya asam namun sangat digemari oleh masyarakat kita karena memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Cuka apel sudah bisa didapatkan di berbagai toko swalayan, baik produk dari dalam negeri maupun luar negeri, cuka apel dari dalam negeri kebanyakan berasal dari malang, mengingat kita malang sendiri merupakan kota yang dikenal sebagai penghasil buah apel.
Dari sisi citarasa cuka apel dari dalam negeri dan luar negeri juga memiliki perbedaan, produk dalam negeri memiliki rasa yang sangat asam dibandingkan dengan cuka apel dari luar negeri. Berikut ini adalah bebarapa mafaat dari cuka apel untuk menunjang kesehatan kita.
Mencegah diabetes
Cuka apel sangat berguna untuk mencegah penyakit diabetes tipe 2, cuka apel meningkatkan sensivitas atau membantu tubuh untuk menyerap kandungan insulin pada makanan sehingga dapat menurunkan potensi resiko penyakit diabetes. Untuk diketahui pengidap diabetes tipe 2 adalah mereka yang kekurangan hormon insulin biasanya disebabkan kurang optimalnya sel tubuh untuk menyerap hormon insulin.
Sebagai tips sangat dianjurkan untuk minum cuka apel sebelum tidur karena dapat membantu metabolisme untuk menyerap hormon insulin dengan maksimal.

Menangkal bakteri E coli
Cuka apel sangat efektif untuk menghambat pertumbuhan bakeri E-coli dengan cara menginokulasi bakter E coli. Kebanyakan kasus keracunan makanan salah satunya disebabkan oleh adanya kandungan E coli pada makanan dapat menimbulkan gejala mual, muntah, kejang-kejang.  Cuka apel memiliki fungsi yang sama dengan air kelapa yang berguna untuk menentralkan racun pada kasus keracunan.
Menurunkan kandungan kolesterol jahat
Pada satu penelitian minu cuka apel secara rutin mampu menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh dibandingkan dengan meraka yang tidak minum cuka apel. Dengan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah makan secara otomatis juga akan menurunkan berbagai potensi resiko penyakit lainya seperti tekanan darah tinggi, kanker, dan jantung.
Menurunkan berat badan
Cuka apel juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan tubuh sehingga terhindar dari obesitas. pada satu penelitian disebulkan bahwa minum cuka apel efektif untuk menurunkan kadar kalori sebanya 300 suatu jumlah yang sangat cukup untuk menurunkan berat badan. Disamping itu cuka apel juga sangat berguna untuk menurunkan kandungan kolesterol jahat (LDL), penumpukan kolesterol sendiri merupakan salah satu penyebab utam dari obesitas.
Mencegah penyakit jantung
Cuka apel memiliki kandungan nutrisi Asam klorogenik yang sangat berguna untuk menghancurkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah, sehingga dapat menghindarkan kita dari tekanan darah tinggi yang pada akhirnya juga akan menghindarkan kita dari penyakit jantung.
Tips buat minuman cuka apel, cuka apel sangat baik untuk diminum rutin pada pagi sebelum berangkat kerja dan malam sebelum tidur karena dapat membantu metabolisme pada tubuh kita secara optimal. Cuka apel dari luar negeri memang memiliki rasa yang tidak terlalu asam dan juga terlihat lebih bersih, namun cuka apel lokal sangat direkomendasikan karena memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dari pada cuka apel dari luar negeri, rasa cuka apel yang sangat asam pada cuka apel lokal menunjakan kandungan Asam klorogenik yang sangat tinggi. Jadi semakin asam rasa cuka maka semaki bergizi.
Satu gelas cuka apel cukup satu atau dua sendok saja kemudian dicampurkan dengan air, kita juga bisa menambahkan gula, jus buah, atau madu agar mendapatkan rasa yang manis.