6 Makanan Yang Baik Bagi Kesehatan Mata Anda

Anda memiliki masalah dengan mata anda? Mata anda minus sehingga harus memakai kacamata? Dewasa ini banyak sekai kita jumpai kasus gangguan pada mata, kebanyakan adalah berkurangnya kemampuas mata untuk menyerap cahaya sehingga perlu menggunakan kacamata, kalau dulu rata-rata disebabkan oleh usis yang memang tua, namun sekarang ini tidak hanya orang tua atau orang dewasa yang memakai kacamata, namun usia anak-anak pun juga sudah banyak yang memakai kacamata. Hal ini tidak lepas dari kebiasaan yang buruk seperti gadget tapi juga karena minimnya gizi pada makanan yang dikonsumsi.
Banyak sekali makanan yang memiliki kandungan gizi atau nutrisi tinggi terutama vitamin A (vitamin yang berguna untuk menunjang kesehatan mata) yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan kemampuan mata. Selama ini yang dikenal oleh masyarakat adalah wortel yang memiliki kandungan vitamin A, padahal masih banyak selain wortel yang memiliki kandungan vitamin A. Berikut ini adalah bebarapa daftar makanan yang memiliki kandungan vitamin A.
Sayur sayuran
Sayur sayuran seperti kubis, bayam, kol, dan sawi memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, antioksidan yang dimiliki adalah lutein dan zeaxanthin yang sangat berguna untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet yang dapat mengganggu kesehatan mata. lutein dan zeaxanthin juga dapat memperbaiki fungsi-fungsi mata yang rusak sekaligus menghindarkan mata dari penurunan fungsi mata seperti katarak, rabun, dan makula.
Wortel
Wortel merupakan makanan yang sangat dikenal sebagai sumber vitamin A dan hampir semua orang mengetahuinya, wortel memiliki kandungan antioksidan beta-karoten yang menjadi penyebab warna dari wortel menjadi oranye. Kandungan beta-karoten inilah yang akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh, wortel secara efektif mencegah penyakit rabun jauh, katarak dan makula. Selain itu juga berguna untuk memperbaiki sel-sel mata yang rusak. Selain wortel masih banyak buah atau sayuran yang mengandung beta-karoten seperti ubi jalar, mangga, melon yang memiliki warna dikarekan mengandung beta-karoten.
Stroberi
Stroberi dan juga buah yang satu family beries seperti blueberi, raspberi meiliki kandunga antioksidan yang sangat tinggi berguna untuk menangkal berbagai serangan penyakit berbahaya bagi tubuh seperti jantung dan kanker. Stroberi ternyata juga sangat berguna untuk menunjang kesehatan mata, hal ini sudah dibuktikan dalam satu penelitian dimanata kandungan antioksidan pada stroberi mampu menghidarkan mata dari penyakit makula, rabun, dan juga katarak yang rata-rata disebabkan oleh penurunan fungsi sel pada mata karena usia yang semaki menua.
Kacang-kacangan
Kacang-kacangan memiliki kandungan vitamin E yang juga berguna untuk menunjang kesehatan mata, vitamin E berguna mencegah dan menghambat penyakit katarak mata.
Susu
Susu memiliki kandunga vitamin A yang sangat berguna untuk menunjang kesehatan mata, selain itu susu juga memiliki kandungan riboflavin yang berfungsi untuk mencegah segala gangguan pada mata seperti katarak dan makula. Susu sendiri merupakan sumber vitamin A dari hewani, selain susu sumber energi vitamin A juga bisa didapatkan di keju, telur, dan hati.
Ikan salmon

Ikan salmon merupakan jenis ikan laut yang sangat populer sebagai bahan makanan saat ini, disamping rasanya yang lezat ikan salmon juga memiliki kandungan omega-3 yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan kita. Dalam satu penelitian didapatkan hasil ternyata kandungan omega-3 pada ikan salmon sangat berguna untuk mencegah dan mengobati penyakit makula pada mata. Selain itu ikan salmon juga memiliki kandungan niacin yang sangat berguna untuk memberantas penyakit katarak.