7 Manfaat Penting Nanas Bagi Kesehatan

Nanas merupakan buah yang mengandunga banyak sekali mineral sehingga sehingga memiliki cita rasa segar, buah berwarna kuning ini menjadi salah satu kegemaran dari masyarakat indonesia saat ini. Nanas juga menjadi campuran wajib berbagai jenis minuman es. Jus nanas ditambah dengan es merupakan minuman yang menyegarkan sekaligus menyehatkan. Ya benar!!! nanas memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.
Nanas memilik manfaat bagi kesehatan kita karena mengandung banyak sekali nutrisi, nanas mengandung antioksidan, vitamin C, mangan, thiamin dan vitamin energi yang berfungsi sebagai penambah energi. Nanas juga memiliki kandungan kalori yang rendah, bebas lemak, bebas kolesterol, dan juga rendah natrium. Dengan tingginya kandungan nutrisi pada buah nanas maka bisa dipastikan nanas memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita, berikut ini adalah beberapa manfaat buah nanas bagi kesehatan tubuh kita.
Menjaga kesehatan pencernaan



Nanas mengandung banyak sekali kandungan serat yang berfungsi untuk membantu proses pencernaan kita, serat membantu usus untuk menyerap kandungan nutrisi pada makanan yang kita cerna. Nanas juga mengandung antioksidan yang sangat tinggi, antioksidan sendiri berguna untuk membunuh racun atau toksin berbahaya dalam usus sekaligus menghidari tumpukan kolesterol tinggi yang terjadi pada tubuh. Satu lagi nanas memiliki kandungan bromelain suatu enzim yang berguna untuk membantu usus memecah protein pada usus. Untuk diketahui enzim bromelain ini tidak dimiliki oleh semua sayuran dan buah-buahan.
Memperlancar peredaran darah
Nanas memiliki kandungan vitamin C dan bromelain yang tinggi sangat berguna untuk mencegah penggumpalan darah. Darah menggumpal sendiri merupakan salah satu penyebab utama peredaran darah tidak lancar dan tekanan darah tinggi, yang nantinya akan menimbulkan penyakit jantung sebuah penyakit nomer satu di dunia.
Mencegah pilek
Kandungan vitamin C dan bromelain pada nanas sangat berguna untuk menyembuhkan flu atau pilek karena membantu mengurangi lendir pada tenggorokan pada hidung. Jadi buat anda yang sedang menderita batuk atau ingin terhindar dari batuk cobalah untuk mengkonsumsi nanas secara rutin.
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Vitamin C memilki fungsi efektif untuk membantu sistem kekebalan tubuh kita, dan sumber vitamin C yang baik adalah nanas. Kandungan vitamin C pada nanas berfungsi untuk mencegah dan menyembuhkan kerusakan sel tubuh, kerusakan sel pada tubuh akan menyebabkan tubuh mudah terserang berbagai macam penyakit.
Menjaga kesehatan tulang
Pada suatu penelitian didapatkan bahwa nanas membantu kesehatan tulang dari penyakit tulang rapuh atau osteoporosis yang biasanya disebabkan oleh radikal bebas dan usia yang semaki menua. Buah nanas memiliki kandungan mineral yang tinggi tercatat kandungan mineral pada nanas adalah 75% mineral pada nanas berfungsi untuk menjaga kepadatan tulang dan menjaga jaringan ikat pada tulang.
Menjaga kesehatan mata
Nanas memiliki kandunga vitamin C dan antiosida yang tinggi berguna untuk menunjang kesehatan mata, menghindari degenerasi mata dimana menurunya fungsi sel-sel pada mata sehingga dapat menyebabkan makula dan rabun mata. Penurunan fungsi sel mata biasanya disebabkan oleh usia yang semakin tua. Namun juga berguna untuk mencegah penurunan fungsi mata seperti mata minus yang diderita oleh banyak kalangan muda saat ini, sebagaimana diketahui kita seringkali mendapati anak-anak sudah banyak yang memakai kacamata.
Menurunkan berat badan

Nanas memiliki kandungan vitamin  C dan enzim bromelain yang berguna untuk membantu proses pencernaan kita menghancurkan lemak dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Minum jus nanas sangat baik untuk menunjang program diet.