Bahaya Dari Mie Instan Bagi Kesehatan Kita

Anda suka mie instan? Atau paling tidak pernah makan mie instan? Kalau anda memang benar-benar suka dengan mie instan berarti anda sama dengan sebagian besar masyarakat indonesia, tercata orang indonesi merupakan pengkonsumsi terbesar mie di dunia bahkan mengalahkan cina yang merupakan tempat lahir nya makanan mi. Sebagian mi yang dikonsumsi oleh masyarakat kita adalah mie instan karena memiliki harga yang murah dan mudah didapatkan dimana saja. Mie instan saat ini jug sangat populer dikalangan mahasiswa karena harga nya yang sangat murah sekali sehingga cocok untuk ukuran kantong mahasiswa. Selain karena kepraktisannya tentunya, untuk dapat mengkonsumsi mie instan kita cukup merebus mie pada air yang mendidih selam 3 menit kemudian tiriskan dan campur dengan bumbu yang biasanya disediakan didalam bungkus mi, mudah bukan.
Di negara kita tercatat banyak sekali produsen pembuat mi instan karena mi instan sendiri di negara kita menjadi makanan instan yang sangat populer. Namun tahukah anda? bahwa mi instan berbahaya bagi kesehatan kita, dan mi instan juga sangat miskin nutrisi. Mi instan sendir merupakan makanan olahan yang miskin gizi sehingga dapat dikategorika sebagai makanan sampah (junk food). Mi instan memiliki kandungan sodium yang tinggi, tinggi kabohidrat namun rendah nutrisi seperti mineral dan vitamin.
Makan mi instan dapat menyebabkan kita mengalami sindrom metabolik, dalam suatu penelitian ternyata mi instan merupakan salah satu penyebab sindrom metabolik, dimana orang dengan sindro metabolik memiliki tekanan darah tinggi dan juga memiliki kandungan gula dalam darah yang tinggi. Dalam jangka waktu tertentu penderita sindrom metabolik dapat terkena serangan penyakit jantung, penyakit stroke dan diabeter tipe 2. Hal ini dikarenan mi instan memiliki kandungan sodium yang tinggi, kandunga lemak jenuh yang tidak sehat, juga glikemik yang sangat tinggi sehingga sulit untuk diproses pada metabolisme pencernaan kita.
Dalam penelitian banyak disebutkan bahwa tingginya konsumsi dalam tubuh akan meningkatkan berbagai serangan penyakit yang berbahaya seperti penyakit jantung, stroke dan hipertensi.
Mis instan sendiri dilapisi dengan lilin agar tidak menempel satu sama lain, bisa dibuktikan pada waktu mi instan sudah dimasak, maka akan terlihat lapisan lilin yang mengambang tersebut. lapisan lilin ini jika dikonsumsi pada waktu tertentu akan menyebabkan serangan kanker. Disamping itu kandunga mi berupa dioxin dan peliat juga dapat menyebabkan timbulnya penyakit kanker. Jadi kalau ingin sehat dan terhindar dari penyaki ganas seperti kanker langkahnya sebenarnya cukup sederhana cukup hindari mi instan, pada suatu penelitian didapatkan bahwa dengan menerapkan langkah yang sederhana ini dapat menurunkan potensi serangan penyakit kanker sebanyak 30%, cukup besar bukan?

Mi instan dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh karena mi instan menghasilkan lemak yang teroksidasi sehingga membawa serangan radikal bebas ke dalam tubuh kandungan lainya seperti Propylene glycol akan diserap dengan baik oleh tubuh padahal Propylene glycol sangat berbahaya bagi tubuh, menjadi penyebab penyakit jantung, kanker, diabetes, dan tentu akan merusak sistem kekebalan tubuh kita. Sistem kekebalan tubuh yang rusak akan menyebabkan berbagai macam penyakit, karena dengan rusaknya sistem kekebalan tubuh makan tubuh tidak akan lagi memiliki pelindung dari berbagai seranga bakteri dan virus yang tidak dapat kita hindari, karena sebersih apaun tempat kita hidup selalu ada bakteri atau virus yang mengintai kita, belum lagi berbagai jenis makanan yang kita konsumsi.