Bayam Sayuran Yang Memiliki Manfaat Segudang Bagi Kesehatan Kita

Pernah makan bayam? Atau jangan-jangan anda adalah penggemar sayur bayam seperti saya. Bayam merupaka sayuran yang memiliki kandugan gizi yang sangat tinggi menjadi kegemaran dari masyarakat kita. Bayam menjadi sayuran favorit saya karena rasanya yang segar, dan teksturnya yang lunak. Bayam merupakan sayuran hijau tinggi nutrisi rendah kalori sehingga menunjang kesehatan tubuh, bayam memiliki kandunga vitamin A, K, D, E dan sejumlah mineral asam amino yang tinggi. Sehingga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Seperti berguna untuk menjaga kesehatan mata, mencegah penyakit kanker, juga sangat efekti untuk melindungi kesehatan tulang kita.
Dilihat bebagai manfaat bayam makan jangan sekali-kali meremehkan sayuran bayam, berikut ini penjelasan beberapa manfaat lebih bayam bagi kesehatan kita.


Melindungi mata
Bayam memiliki Karotenoid yang berguna untuk menunjang kesehatan mata, Karotenoid dapat menurunkan resiko fungsi mata, katarak, degenerasi makula dan berbagai macam gangguan mata yang lainya. Sebagian besari gangguan mata seperti makula dan katarak lebih disebabkan oleh pertambahan usia sehingga menurunkan fungsi sel-sel mata.
Anti kanker
Bayam memiliki kandungan antioksidan flavonoid yang sangat tinggi, sehingga dapat menurunkan resiko kanker, flavonoid berguna untuk menghambat pertumbuhan sel kanker pada tubuh, juga berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus, bakteri inilah yang berguna untuk memecah tumpukan kolesterol dalam darah. Sehingga pada akhirnya juga dapat mencegah timbulnya kanker.
Pada satu penelitian didapatkan bahwa bayam dapat menurunkan dan melindungi tubuh dari kanker secara signifikan bahkan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan sayuran yang lainya seperti brokoli, kubis.
Kandungan mineral pada bayam juga berguna untuk menjaga keseimbangan asam pada tubuh (pH tubuh) berguna untuk menurunkan potens resiko obesitas  dan berbagai macam penyakit lainya.
Menjaga kesehatan tulang
Bayam memiliki kandungan kalsium, magnesium, dan juga vitamin K yang tinggi berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Bayam menjaga produksi kolagen pada tulang sendi, menjaga kepadatan tulang sehingga akan terhindar dari osteoporosis. Bayam mampu mencegah gangguan tulang yang lain seperti rematik, mudah lelah. Makanya tak heran kalau ada film kartum Popeye dimana Popeye mendapatkan kekuatannya karena makan satu kaleng bayam, karena bayam sendiri berguna untuk menjaga tulang agar tetap kuat.
Membantu pencernaan
Bayam sangat bergunan untuk pencernaan kita, karena memiliki kandungan serat yang tinggi, berguna untuk membantu usus menyerapa nutrisi pada makanan yang dicerna, juga membantu pertumbuhan bakteri baik pada usus untuk memecah dan menghacurkan kolesterol jahat (LDL). Bakteri baik pada usus ini akan memiliki banyak sekali fungsi yang menunjang kesehatan kita seperti menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan resiko kanker, menurunkan resiko peenyakit jantung.
Dengan kandungan serat yang tinggi bayam dapat membantu metabolisme menjadi lebih lancar sehingga dapat menghindari peradangan karena dapat mencegah organ-organ penting tubuh bekerja lebih keras.
Demikianlah segdang manfaat bayam bagi kesehatan kita, tips untuk memilih bayam adalah pilihlah bayam organik, karena bayam organik dibudidayakan dengan cara organik, sama sekali tidak menggunakan pestisida atau zat kimia lainya.  Zat kimia atau pestisida dapat berbahaya pada kesehatan kita, pada jangkan panjang pestisida dapat menyebabkan kanker, dan yang pasti kandungan nutrisi terbaik dan alami ada pada sayuran bayam organik. Pilihlah sayuran bayam yang memiliki warna hijau sampai hijau tua, jangan pilih bayam yang berwarna hijau kekuningan, warna hijau pada bayam menunjukkan tinggi nya kandungan antioksidan pada bayam.