Berbagai Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Yogurt Bagi Kesehatan

Yogurt merupakan bahan makanan yang berasal dari fermentasi susu dengan mengubah kandungan laktosa dalam susu menjadi asam laktat menggunakan bakteri Lactobacillus, yogurt juga dikenal sebagai makanan probiotik, probiotik sendiri adalah makanan atau suplemen yang mengandung mikrobakteri yang berguna untuk menunjang kesehatan. Biasanya dalam 1 gram yogurt makanan atau suplemen terdapat 1 juta mikrobakteri.
Saat ini banyak sekali yogurt dijual bebas dengan berbagai macam rasa, mulai dari vanili sampai rasa coklat biasanya dicampur dengan es agar terasa segar. Rasa yang enak dan ditambah oleh kesadaran masyarakat akan pentingnya kandungan nutrisi pada yogurt pada kesehatan kita, membuat yogurt sendiri populer dewasa ini dengan banyak nya dijumpai penjual es susu yogurt. Disamping rasa enak yang dimiliki oleh yogurt, yogurt juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi sekali terutama kandungan mikrobakteri baik dari yogurt yang sangat berguna untuk pencernaan kita.
Berikut ini adalah beberapa manfaat dari susu yogurt terhadap kesehatan kita.
Menjaga kesehatan kulit dan rambut
Susu yogurt memiliki kandungan asam laktat berguna untuk menjaga kelembaban dari rambut dan kulit sehingga dapat menghindari kulit kering dan kulit tetap terlihat halus, kulit kering dapat menyebabkan kulit mengelupas dan keriput, pada rambut kulit yang kering akan menyebabkan rambut penuh dengan ketombe.

Meningkatkan kualitas tidur
Yogurt mengandung asam amino esensial triptofan yang berguna untuk merangsang produksi hormon serotonin dan niacin yang berperan penting dengan aktivitas tidur. Tips untuk meningkatkan kualitas tidur cukup dengan mengkonsumsi susu yogurt rasa vanili (ditambahi dengan vanili) karena vanili memiliki aroma yang bisa dijadikan aromaterapi tidur, bau dari vanili akan merangsang agar cepat tidur.
Menunjang sistem kekebalan tubuh
Yogurt merupakan antibiotik yang sangat baik bagi tubuh karena yogurt dapat membunuh dan memperlambat pertumbuhan bakteri jahat bagi tubuh. Yogurt juga membuat sistem pencernaan berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi sistem pencernaan seperti pada usus yang berguna untuk mematikan bakteri jahat berbahaya yang dibawa oleh makanan.
Menurunkan kadar kolesterol tubuh
Kandungan mikrobakteri pada yogurt berperan penting untuk menghacurkan kadar kolesterol dalam darah yang jahat (LDL). Secara tidak langsung yogurt berguna untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya yang disebabkan oleh kolesterol seperti penyakit jantung, penyakit tekanan darah tinggi, dan lain-lain.
Sebagi sumber energi tubuh
Yogurt merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh, yogurt dapat digunakan untuk menambah energi tubuh yang habis karena aktivitas tertentu untuk itu yogurt sangat baik dan dianjurkan dibawa sebagai minuman penghilang dahaga sehabis olahraga seperti joging atau olahraga pada gym.
Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Susu yogurt memiliki kandungan kalsium yang tinggi, kalsium berguna untuk menjaga kepadatan dari tulang dan gigi serta melindungi tulang dari serangan radikal bebas yang pada akhirnya dapat membuat tulang jadi keropos atau osteoporosis.
Menurunkan berat badan
Banyak sekali penelitian yang menunjukkan bahwa susu yogurt berguna untuk menurunkan berat badan, karena menurunkan kadar kolesterol dan lemak dalam darah. Disamping itu yogurt merupakan minuman dengan rendah kalori, kalori sendiri merupakan salah satu penyebab utama dari obesitas atau kegemukan.
Mencegah penyakit jantung
Kemampuan dari yogurt untuk menurunkan kadar kolesterol dapat mencegah penyakit jantung, karena salah satu penyebab dari penyakit jantung adalah kolesterol. Terganggunya sistem pencernaan pada akhirnya dapat menyebabkan penyakit jantung, dan yogurt berguna mengoptimalkan fungsi organ yang berhubungan dengan pencernaan salah satunya dengan menunjang pertumbuhan bakteri baik pada pencernaan.