Berbagai Makanan Yang Bermanfaat Untuk Menjaga Kesehatan Liver

Apa anda mengenal liver? Apa fungsi dari liver? Dan bagaimana kita menjaga kesehatan liver?. Liver merupakan organ penting pada tubuh kita, liver memiliki fungsi menyaring kolesterol berlebih, juga menyaring racun atau toksin pada tubuh, mengurangi hormon yang berlebih. Dari fungsi nya dapat diketahui bahwa liver juga berperan penting untuk memertahankan berat badan untuk tetap ideal karena liver mengurangi kadar kolesterol yang berlebih dan menjaga keseimbangan hormon, dan juga menjaga tubuh tetap sehat karena menghilangkan berbagai racun atau toksin yang berbahaya bagi tubuh kita. Dengan demikian liver juga berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tetap karena melakukan proses detoksifikasi sehingga dapat mengeluarkan berbagai racun atau toksin yang berbahaya bagi tubuh kita.
Anda bisa menjaga kesehatan liver dengan cara yang sangat sederhana salah satunya adalah mengkonsumsi makanan yang menunjang kesehatan liver, berikut ini adalah beberapa sumber makanan atau buah yang dapat menjaga dan menunjanga kesehatan liver.
Kacang
Kacang juga sangat efektif untuk menunjang liver, karena kacang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh, dengan menurunya kadar kolesterol makan liver akan terbantu proses kinerjanya. Disamping itu kacang juga dapat mencegah penumpukan lemak pada liver. Kacang banyak sekali jenis nya, untuk mendapatkan kandungan nutrisi yang optimal pada kacang, usahakan untuk makan kacang dalam kondisi yang masih mentah, belum dimasak karena kandung nutrisi pada kacang akan rusak kalau direbus apalagi sampai suhu 100 C. Banyak sekali makanan kita yang menggunakan kacang seperti gado-gado.
Alpukat
Alpukat memiliki manfaat untuk menunjang fungsi dari liver, alpukat membantu liver untuk menyerap kandungan nutrisi dari makanan. Hal ini sudah dibuktikan dalam suatu penelitian yang menyebutkan bahwa orang yang mengkonsumsi buah alpukat memiliki liver yang jauh lebih sehat daripada mereka yang tidak. Buah alpukat membantu penyerapan antioksdan likupin dan beta-karoten yang sangat berguna untuk melindungi organ tubuh seperti liver dari peradangan juga membantu liver menyaring kolesterol, sehingga tubuh tidak memiliki kadar kolesterol yang berlebih. Disamping itu antioksidan ini juga membantu liver menyaring berbagai racun atau toksin, beta karoten sendiri sangat efektif untuk menangkal berbagai serangan radikal bebas dalam tubuh.
Kedelai
Pada satu penlitian didapatkan bahwa kedelai sangat efektif untuk mengoptimalkan liver menjalankan fungsinya. Kedelai membantu liver untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh dan menghancurkan lemak jahat dalam tubuh, hal ini tidak lepas dari senyawa Lecithin yang dimilikinya, lecithin juga berguna untuk menurunkan tekanan darah dan membantu memperlancar sistem peredaran darah. Kedelai juga efektif untuk melindungi sel-sel liver dari lemak yang dapat menghambat sel liver menjalankan fungsinya. Adalah kandungan fosfatidilkolin dan asam lemak esensial  yang terdapat pada kedelai yang berfungsi untuk mencegah penumpukan lemak berlebih di liver.
Berbagai jenis turunan dari kedelai juga sangat baik bagi kesehatan liver, makanan seperti tempe dan tahu yang merupakan hasil fermentasi dari kedelai juga sangat baik bagi kesehata liver. Kita tentu lebih mudah mendapati tempe dan tahu di pasar bukan?
Bawang
Bawang juga sangat berperan untuk menunjang liver kita, karena bawang memiliki kandungan belerang meningkatkan jumlah pertumbuhan enzim pada tubuh yang berguna untuk menjaga kesehatan liver dengan membersihkan liver. Yang berarti bahwa bawang berguna untuk detoksifikasi pada liver, disamping itu bawang juga memiliki sifat anti-bakteri yaitu kemampuan untuk membunuh virus dan bakteri.