Berbagai Manfaat Mandi Sauna Untuk Kesehatan Kita

Pernah mandir sauna? Sauna merupaka metode mandi menggunakan uap air menjadi tren akhir-akhir ini sauna banyak disukai oleh berbagai kalangan karena memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan juga menghilangkan lelah. Kegunaan untuk menjaga kesehatan kulit membuat sauna sering dipakai oleh salon-salon kecantikan berbiaya mahal. Sauna sendiri sudah ada dari jaman dulu kala, mandi sauna sudah menjadi bagian tradisi dari mansyarakat jepang jaman dulu, sekitara tahun 400 an, kala itu banyak sekali sumber air panas dibuatkan ruang khusus yang didesain sedemikian rupa dimana pengunjung bisa bermandikan uap dari air.
Menghilankan depresi
Melakukan sauna akan terasa sangat nyaman menghilangkan stres dan lelah sehabis kerja, hal ini dikarenakan sauna menenangkan dan membuat hangat jaringan syaraf selain itu mandi sauna dapat mengurangi nyeri sendi yang diakibatkan oleh capek kerja. Pada satu penelitian dapat diketahui bahwa sauna dapat menyembuhkan penyakit migrain atau sakit kepala lainya.
Dengan sauna kita juga dapat menekan tingkat depresi kita karena sauna dapat membantu kita untuk cepat tidur dan menghindarkan kita dari penyakit insomnia, dengan tidur yang cukup akan membuat hidup kita lebih bahagia. Hal ini sudah dibuktikan dalam berbagai penelitian bahwa mandi sauna sehabis pulang kerja akan membuat tidur lebih menjadi lebih cepat dan nyaman dibandingkan dengan mereka yang tidak mandi sauna sepulang dari kerja.
Ketika anda sedang mandi sauna maka secara tidak langsung anda akan melancarkan pernapasan anda karena uap air akan menghilangkan berbagai hambatan nafas pada saluran pernafasan. Dengan demikian sauna akan efektif untuk mencegah penyakit asma, penyakit sinus dan penyakit bronkitis karena penyakit-penyakit tersebut lebih disebabkan oleh terganggunya saluran pernapasan kita.
Menurunkan berat badan
Mandi sauna sangat berguna untuk menurunkan berat badan kita dengan cepat, mandi sauna akan membuat tubuh mengeluarkan keringat secara terus menerus sehingga berat badan kita akan turun karena tubuh kita memiliki kandungan 70 perseb air. Mengeluarkan keringat juga berguna untuk kesehatan kulit kita karena bersamaan dengan keluarnya air keringat maka keluar pula berbagai racun dalam tubuh kita.
Menjaga kesehatan kulit
Mandi sauna saat ini sudah menjadi bagian tak terpisahkan bagi kaum wanita untuk menjaga kecantika mereka. Hal ini tidak salah karena mandi sauna dapat menunjang kesehatan kulit, mandi sauna akan membuat pori-pori akan lebih terbuaka dan kulit akan mengeluarkan keringat terus menerus. Dengan keluarnya keringat akan membantu tubuh dan kulit untuk melakukan proses detoksifikasi dimana pada proses inilah racun dan toksin berbahaya bagi tubuh akan dikeluarkan  dari kulit. Dengan proses detoksifikasi maka kulit akan terlihat lebih halus, elastis dan tidak keriput.
Detoksifikasi dari kotoran dari kulit ini memiliki dampak langsung untuk menyembuhkan atau menghindari berbagai gangguan pada kulit seperti jerawat dan komedo.
Melakukan sauna akan membuat mood kita menjadi lebih baik, bada terasa segar, rasa lelah hilang, membuat emosi menjadi sangat baik, selain itu dapat menghilangkan gejala insomnia dan pada akhirnya akan menghindarkan kita dari depresi.
“jangan mudah marah ntar cepet tua lo” gejala depresi akan membuat kita mudah marah, dan pada akhirnya emosi yang  mudah marah akan membuat perubahan pada hormon kita sehingga bukan tidak mungkin kulit akan terlihat lebih keriput dan cepat tua walaupun sudah melakukan perawatan kulit secara intensif denga biaya yang mahal kulit tetap mudah keriput.