Berbagai Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan Kita

Pernah mengkonsumsi minyak ikan? Minyak ikan sendiri kurang dikenal dinegara kita, namun kita sendiri secara tidak langsung pasti pernah menkosumsinya tapi kita saja yan tidak sadar minyak ikan biasanya adalah dalam makanan ikan sarden, jadi kalau kita makan sarden kita pasti mendapati cairan kental berminyak didalam sarden tersebut, itu adalah minyak ikan. Minyak  ikan sendiri terbuat dari kandungan lemak pada ikan seperti ikan salmon atau tuna. Karena berasal dari ikan, tentu saja minyak ikan memiliki kandungan omega-3 seperti ikan, kandungan omega-3 pada minya ikan adalah DHA dan EPA. Disamping itu minyak ikan juga memiliki kandungan vitamin A dan vitamin D yang juga berguna untuk menunjang kesehatan kita.
Tingginya kandungan nutrisi pada minyak ikan membuat minyak ikan bermanfaat untuk menunjang kesehatan kita, berikut ini  adalah beberapa manfaat minyak ikan bagi kesehatan kita.

Menunjang kesehatan syaraf dan otak
Pada satu penelitian disebutkan bahwa minyak ikan mampu mengurangi gangguan otak pada penderita Alzheimer lebih baik daripada penderita Alzheimer yang tidak mengkonsumsi minyak ikan. Karena kandunga omega-3 pada minyak ikan berguna untuk memperbaiki jaringan syaraf yang rusak. Pada orang normal omega-3 berguna untuk mengoptimalkan fungsi jaringan sel otak, sehingga dapat mempertajam daya ingat.
Berguna untuk menghindari depresi
Dalam banyak penelitian disebutkan ternyata minyak ikan berguana untuk menurunkan tingkat stres dan depresi, minyak ikan menghindarkan serangan depresi terhadap kita dan berguna untuk menyembuhkan seorang penderita penyakit mental atau yang lebih dikenal dengan ADHD. Minyak ikan tidak hanya berguna bagi merekan yang menderita gangguan mental saja namun minyak ikan juga berguna untuk mencegah depresi pada ibu-ibu hamil, seperti diketahui masalah utama dari ibu hamil salah satunya adalah depresi karena kehamilanya.
Mencegah kanker
Minyak ikan memiliki kandungan antioksidan omega-3 yang tinggi, antioksidan inilah yang berguna untuk mencegah atau membunuh sel kanker. Kandungan omega-3 berupa Eicosapentaenoic acid (EPA) dan asam Docosahexaenoic (DHA) pada ikan berguna untuk menurunkan potensi serangan kanker prostat, DHA berguna untuk membunuh sel kanker pada usus besar disamping itu DHA juga menangkal serangan kanker tumor ganas.
Melindungi mata
Dalam suatu penelitian disebutkan bahwa minyak ikan bermanfaat untuk melindungi kesehatan mata, minyak ikan melindungi kita dari mata kering dan melindungi mata dari penyakit katarak suatu penyakit yang diakibatkan penurunan fungsi sel pada mata dikarenakan penuaan. Minyak ikan juga melindungi mata dari gangguan makula, dalam suatu penelitian disebutkan bahwa minyak ikan mampu menurunkan tingkat gangguan makula pada penderita nya.
Menjaga kesehatan kulit
Minyak ikan memiliki kandungan vitamin D yang tinggi berguna untuk melarutkan lemak pada kulit sehingga kulit tetap akanterlihat kencang, halus dan tetap elastis menghindari penuaan karena kulit keriput. Minyak kulit berguna untuk menghindari peradangan kulit yang bisa mengakibaatkan jerawat dan kanker kulit. Minyak ikan juga sangat baik bagi kulit rambut karena mengandung EPA dan DHA yang berguna untuk mencegah ketombe dan rambut yang rontok. Jadi kalau anda mengalami kerontokan rambut anda cukup mengkonsumsi minyak ikan, dijamin anda bisa menghindari rambut rontok.
Meningkatkan kesuburan
Dalam satu penelitian disebutkan bahwa minyak ikan dapat meningkatkan kesuburan baik bagi pria maupun wanita karena DHA berfungsi untuk menjaga kesehatan dari sperma pada pria. Mobilitas sperma mamainkan peranan penting bagi kesuburan pria.