Berbagai Nutrisi Dan Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

Brokoli merupakan sayuran hijau yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi sekali, brokoli saat ini menjadi jenis sayuran yang sangat populer di beragai negara karen rasanya yang enak dan banyak sekali penelitian yang menyebutkan bahwa brokoli dapat menunjang berbagai jenis penyakit dalam tubuh.
Brokoli memiliki kandungan serat yang tinggi, vitamin C, vitamin B6, vitamin A dan juga mengandung kalium. Brokoli juga mengandunga antioksidan yang tinggi sangat berguna untuk menunjang sistem kekebalan tubuh kita. Disamping itu brokoli juga memiliki kandungan besi, seng, fosfor dan magnesium sebagai nutrisi tambahan.
Karena tingginya kandunga nutrisi pada brokoli menyebabkan brokoli menjadi makanan yang sangat berguna bagi kesehatan kita, berikut ini adalah beberapa manfaat dari brokoli untuk kesehatan kita.
Detoksifikasi
Brokoli memiliki manfaat yang sangat populer saat ini yaitu detoksifikasi, mengeluarkan racun berbahaya dalam tubuh sehingga tubuh terbebas dari berbagi macam penyakit yang disebabkan oleh racun antau kontaminan yang lain, senyawa dalam brokoli yang berperan penting untuk detoksifikasi adalah Phytocheimcals gluconasturtiin, glucoraphanin dan glucobrassicin yang juga berfungsi untuk menetralkan racun-racun dalam tubuh, sehingga fungsi sel tubuh yang ternganggu karena kontaminan berbahaya dapat berfungsi kembali secara normal.
Menjaga kesehatan jantung
Brokoli memiliki manfaat penting untuk mencegah penyakit jantung suatu penyakit ganas nomer satu di dunia, brokoli memiliki kandungann antioksidan yang sangat tinggi sehingga mampu melancarkan peredaran darah yang tentunya secara tidak langsung brokoli juga berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Antioksidan pada brokoli juga mampu mengembalikan jaringan pembuluh darah yang rusak baik oleh kontaminan maupun oleh gula darah yang tinggi. Brokoli memiliki kandunga vitamin B kompleks yang berguna untuk mencegah penyempitan arteri dengan cara mengurangi atau mengatur homocysteine, sehingga produksi homocysteine tidak berlebih.
Menurunkan kadar kolesterol
Banyak sekali penelitian yang menyebutkan bahwa brokoli dapat menurunkan kolesterol secara signifikan, dalam suatu penelitian didapatkan bahwa mengkonsumsi brokoli secara rutin  akan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah sebanyak 30 % selama kurang dari satu bulan, jumlah yang sangat banyak bukan? bahkan penurunan kolesterol sebanyak 30% itu tidak disertai dengan olahraga loh. Brokoli menurunkan kolesterol dengan cara mengikat dan melarutkan kolesterol dalam darah sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.
Membantu pencernaan
Bakteri memiliki kandunga serat yang sangat tinggi sekali sehingga sangat membantu sistem penceranaan kita, serat pada bakteri membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus dengan baik sekali. Brokoli juga memiliki kandungan Sulforaphane yang bergunan untuk membantu pertumbuhan bakteri baik pada perut yaitu Helicobacter pylori. Untuk perlu diketahui bahwa bakteri baik yang ada di perut atau di usus memiliki peranan penting untuk menyerap nutrisi yang terkandung dimakanan, bakteri ini juga berperan untuk memecah kolesterol dalam metabolisme.
Menjaga kesehatan mata
Brokoli memiliki kandunga antioksida luten sama dengan wortel, dan juga memiliki zeaxanthin kedua senyawa ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata, menjauhkan mata dari segala macam gangguan fungsi mata. Berbagai gangguan mata karena pertambahan usia seperti mata minus atau plus, rabun, makula dapat dihindari.
Anti kanker
Brokoli berguna untuk mencegah serangan penyakit kanker, dalam satu penelitian terbukti bahwa brokoli mampu menurunkan resiko serangan penyakit kanker perut dan kanker hati. Hal ini dikarenakan brokoli memiliki  kandungan serat yang menunjang pertumbuhan bakteri “baik” di usus dan di perut, bakteri ini lah yang berfungsi untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan sel kanker.