Cara Mengobati Penyakit Demam Berdarah

Demam berdarah merupakan penyakit menular yang mematikan, penyakit ini terjadi karena virus atau nyamuk yang menginfeksi tubuh. Biasanya demam berdarah terjadi pada kisaran musim hujan dimana banyak nya air yang menggenang menjadi tempat tumbuh kembangya nyamuk nyamuk aides aigepty, nyamuk aides aigepty sendiri merupakan pembawa virus dengue yang menjadi penyebab utama dari penyakit demam berdarah.

Demam berdarah sendiri pada awalnya tidak menunjukkan gejala gejala yang serius hanya demam biasa saja, namun selang 2 hari penderita akan menunjukkan gejala yang ditandai dengan bercak-bercak merah darah pada tubuh hal ini dikarenakan adanya kebocoran dalam pembuluh darah dan trombosit darah yang rendah.

Mengobati penderita demam berdarah adalah dengan membawa ke dokter, namun sebelum pergi ke dokter kita dapat melakukan banyak hal pada penderita, memang tidak bisa mengobati atau membuat penderita jadi sembuh, namun sangat efektif setidaknya untuk menghilangkan bercak-bercak merah yang timbul pada tubuh penderita, juga paling tidak menghilangkan sakit tenggorokan dari pasien akibat dehidrasi karena demam berdarah. Berikut ini adalah langkah langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi penderitaan dari pasien sebelum pasien di bawa ke rumah sakit untuk disembuhkan oleh dokter.


Penderita demam berdarah akan mengalami dehidrasi dalam waktu yang cepat dibandingkan dengan orang normal untuk penting untuk meminum air putih yang banyak agar bisa mengganti cairan dalam tubuh yang hilang agar tidak dehidrasi. Minimal delapan gelas dalam satu hari, minuman juga bisa dikombinasikan denga jus jeruk, dimana jus jeruk mengandung vitamin yang sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita.

mandi dengan air garam setengah gelas, ditambah madu setengah gelas dan tiga gelas air cuka dalam bak yang sudah berisi air hangat. komposisi ini berguna untuk menghilangkan bercak bercak merah kulit karena demam berdarah.

Minyak Biji anggur dan minyak zaitun juga sangat efektif untuk menghilangkan bercak bercak merah pada kulit tubuh. Anda tinggal mengoleskan minyak zaitu dan minyak biji anggur pada seluruh tubuh penderita.

Pada penederita biasanya tenggorokan akan terasa sakit karena demam berdarah membuat penderita dehidrasi, untuk mengurangi rasa sakit tenggorokan pada penderita demam berdarah bisa dilakukan dengan meminum campuran satu sendok jus jahe, satu jus kemangi, dan satu sendok madu, campuran ini sangat membantu untuk mengurangi rasa sakit tenggorokan pada penderita.

Pengobatan demam berdarah

Begitu penderita masuk ke rumah saki maka akan langsung diperiksa kalau tidak masuk unit gawat darurat. Beberapa hal yang patut kita ketahui adalah  hal yang biasanya dilakukan dokter untuk menyembuhkan penyakit demam berdarah adalah sebagi berikut.

Pertama dokter akan memberika antibiotik pada penderita antibiotik berfungsi untuk memperkuat kekebalan tubuh dan menghancurkan zat-zat patogen dalam tubuh penderita, antibiotik yang dimaksud adalah  clarithromicyn, clindamicyn penisilin atau eritromisin. Antibiotik akan diberikan 6 sampai 12 jam sekali bisa berupa suntikan atau pil, oh ya tidak semua penderita bisa menerima antibiotik tertentu tapi banyak juga yang alergi terhadap antibiotik tertentu, ini lah keunggulan dari dokter karena dokter bisa meresepkan kembali antibiotik yang cocok bagi penderita.

Parasetamol juga digunakan untuk mengurangi rasa sakit karena penyakit demam berdarah bisa gatal atau panas tubuh dan juga demam. Sesuaikan komposisi parasetamol yang diminum sesuai dengan anjuran dari dokter.

Itulah pengetahuan dan pengobatan bagi penyakit demam berdarah, penting bagi kita untuk menghindari penyakit ini dengan menjaga lingkungan untuk tetap bersih.