Cara Mudah Sehat Dengan Minum Teh

Suka minum teh? Minum teh di pagi hari sungguh pengalaman yang luar biasa, dan di waktu siang dimana kondisi sedang panas-panasnya makan minum segelas teh dingin akan terasa sangat menyegarkan. Itulah teh yang sangat menyegarkan dengan citarasa yang khas. Teh sudah menjadi budaya dunia walaupun sebenarnya teh berasal dari negeri cina, namun tercatat tidak hanya cina saja yang menjadi pecinta teh namun juga berbagai penduduk di seluruh dunia. Indonesia sendiri juga bisa dikatakan sebagai pecintai teh, untuk itu banyak sekai produsen teh dari teh botol sampai teh celup ada di Indonesia. Indonesia juga dikenal sebagai penghasil teh terbesar di dunia, kebun teh di Indonesia tesebar dimana-mana, yang terkel tentu nya kebun teh di puncak bogor, yang selain sebagai kebun teh juga dijadikan sebagai tempat wisata.
Kebiasaan minum teh baik itu teh hijau atau teh hitam di pagi hari tentu sangat  berguna untuk menunjang kesehatan tubuh kita karena teh sendiri mengandunga kandungan antioksidan yang sangat tinggi, sehingga sangat baik bagi kesehatan kita mulai dari mencegah kanker sampai dengan kesehatan mental kita. Jadi bisa dibayankan betapa besar manfaat dari teh mulai dari menunjang kesehatan tubuh sampai otak kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat sederhana dari minum teh.
Menurunkan resiko kanker
Teh memilliki kandungan senyawa antioksidan yang tinggi sangat berguna untuk bagi kesehatan kita. Teh memiliki kandungan antioksidan polifenol yang tinggi berguna untuk menurunkan resiko penyakit kanker,  karena polifenol berguna untuk menghambat pertumbuhan dari sel kanker dan tumor. Dalam satu penelitian disebutkan bahwa minum teh secara rutin sebanyak 2 gelas sehari ternyata dapat menurunkan resiko serangan penyakit kanker sebanyak 5 kali dibandingkan dengan mereka yang tidak minum teh.
Khasiat teh sebagai anti kanker ini sudah diketahui lama, karena banyak sekali penelitian yang menyebutkan demikian.
Menjaga kesehatan mulut
Teh ternyata juga dapat berguna untuk menjaga kesehatan mulut kita, teh bahkan lebih baik jika dibandingkan dengan obat kumur, teh sebagaiman obat kumur juga memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan dari mulut kita dengan cara membatasi atau menghambat pertumbuhan bakteri jahat dalam mulut kita, bakteri jahat ini kalau tidak dibunuh akan menyebabkan gigi berlubang, infeksi gusi dan berbagi penyakit pada mulut. Disamping teh juga mampu menghilangkan plak lebih baik dari air dalam satu peneitian disebutkan bahwa berkumur menggunakan teh hitam selama 1 menit dapat menghilangkan plak 10 kali lebih baik.
Tips untuk berkumur dengan teh jangan sekai-kali mencampurnya dengan jeruk, karena jeruk mengandung asam yang  tinggi sehingga tidak baik bagi kesehatan.
Meningkatkan daya ingat kita
Menurut penelitian ternyata teh berguna untuk meningkatkan daya ingat dari otak, teh meningkatkan fungsi sel otak, sehingga dapat meningkatkan daya koginitif seperti salah satunya meningkatkan daya ingat kita, disamping kempua yang lain seperti daya fokus kita. Mangkanya tidak heran kalau dalam penelitian pada suatu kantor didapatkan bahwa pegawai yang rutin minum teh untuk memulai pekerjaan atau dalam kondisi kerja seringkali memiliki peforma atau produktivitas yang lebih baik dadipada mereka yang tidak minum teh, disamping itu pegawai yang terbiasa minum teh cenderung lebih bersahabat karena dapat menekan atau mengurangi depresi dengan mengubah mood menjadi ebih baik.
Tips minum teh, usahakan untuk minum teh tanpa gula untuk menjaga khasiatnya dan juga hindari minum teh celup karena bungkus teh celup mengandung bahan yang tidak baik bagi kesehatan.