Dampak Buruk Terlalu Sering Minum Kopi Bagi Kesehatan

Kopi merupakan salah satu minuman yang sangat populer, kopi selalu diminum hampir tiap hari oleh banyak orang. Bagi mereka yang bekerja kopi adalah minuman wajib yang harus diminum untuk menmbaha gairah dan semangat bekerja, ketika lelah dan capek sehabis kerja kopi menjadi pilihan utama yang harus dikonsumsi. Hal ini disebabkan karena kandungan kafein pada kopi yang menstimulus jaringan saraf dan otak menjadi lebih bergairah, sehingga rasa kantuk cepat hilang setelah minum kopi.
Kandungan kafein pada kopi sangat baik untuk menjaga agar kita tetap terjaga dan waspada, namun meminum kopi secara berlebihan akan membuat kita sulit tidur, dan dalam jangka panjang akan merusak siklus tidur kita. Disamping itu masih banyak sekali dampak buruk meminum kopi secara berlebih, berikut ini adalah beberapa dampak buruk minum kopi secara berlebih.
Menciptakan kecemasan dan despresi
Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa minum kopi secara berlebih membuat mudah cemas dan pada akhirnya berpotensi mengalami gejala depresi. Hal ini dikarenakan efek dari kafein yang menstimulus jaringan saraf dan otak berlebih. Maka tidak heran kalau minum kopi secara berlebih dapa meninkatkan detak jantung menjadi lebih kencang, yang mana hal ini juga tidak baik bagi kesehatan jantung itu sendiri.

Membuat tulang jadi keropos
Minum kopi secara berlebih dapat meninkatkan potensi penyakit osteoporosis yaitu tulang yang keropos karena menurunnya kepadatan masa tulang, tulang keropos ini dikarenakan menurunnya kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium dikarenakan gangguan dari kafein.
Pertumbuhan anak
Minum kopi secara berlebih pada anak membuat nafsu makan anak menjadi berkurang, yang tentunya membuat anak kekuranang nutrisi dan vitamin yang sangat berguna bagi pertumbuhan mereka, karean masa anak-anak merupakan usia yang paling baik untuk pertumbuhan.
Meningkatkan stres
Minum kopi memang membuat kita menjadi lebih terjaga dan tidak gampang tidur, namun kurang tidur akan membuat kemungkinan stres jadi tinggi. Disamping itu minum kopi dapat meningkatkan produksi hormon katekolamin yang dikenal sebagai hormo stres. Akibat dari stres maka akan memunculkan respon kortisol dan insulin yang meningkat, pada akhirnya insulin yang berlebih akan membuat peradangan dan penyakit jantung.  
Sakit kepala
Minum kafein secara berlebih dapat menyebabkan sakit kepala, karena stimulus yang berlebih terhadap jaringan saraf, sehingga bagian tubuh kita yang lainya belum siap atau tidak mempu memberikan respon dengan baik, akibatnya menimbulkan dampak sakit kepala.
Gangguan pencernaan
Kandungan Asam klorogenik pada kopi dapat menyebabkan gangguan pencernaan karena Asam klorogenik membuat usus dalam pencernaan kita tidak mampu menyerap glukosa dengan baik sehingga membuat tubuh menjadi kurang gizi, disamping itu Asam klorogenik juga membuat kondisi yang kurang bersahabat bagi pertumbuhan bakteri baik dalam tubuh, padahal bakteri baik dalam usus ini sangat berguna untuk menyerap kandungan nutrisi suatau makanan, dan menangkal kolesterol jahat (LDL).
Sering buang air kecil
Kopi sendiri memiliki kandungan kafein yang memiliki sifat diuretik, yaitu mudah mengeluarkan cairan dalam tubuh keluar, salah satu cairan yang keluar dari dalam tubuh kita adalah cairan urin pada waktu kita buang air kecil.
Mengganggu detoksifikasi
Kafein pada kopi mengganggu metabolisme dan juga fungsi detoksifikasi dari hati, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya yang lain.
Demikianlah dampak negatif jika kita minum kopi secara berlebih, namun demikian bukan berarti tidak boleh, minum kopi 1 cangkir tiap hari sebelum kerja tidak berbahaya bagi kesehatan kita kok.