Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Dari Buah Melon

Buah melon merupakan buah yang kaya akan kandungan mineral 90% lebih, merupakan buah dengan kandungan rendah kalori dan hampir sama sekali tidak mengadung lemak. Buah melon memiliki rasa yang sangat manis dan menyegarkan, anda sendiri pernah merasakanya bukan? dengan makan buah melon berarti anda secara tidak langsung menjaga kesehatan tubuh anda, karena buah melon memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi, baik berupa mineral ataupun berua vitamin esensial.
Berikut ini beberapa manfaat nutrisi dari buah melon yang menunjang kesehatan kita.
Menangkal serangan radikal bebas
Buah melon memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, berguna untuk menangkal berbagai serangan radikal bebas. Antioksidan ini berasal dari kandungan vitamin C pada buah melon. Radikal bebas itu sendiri adalah senyawa yang dapat mengoksidasi zat dalam tubuh sehingga sel-sel tubuh menjadi rusak, senyawa radikal bebas juga berpotensi memunculkan seranga penyakit berbahaya seperti kanker dan tumor. Radika bebas juga terdapat pada polutan-polutan di lingkungan sekitar dimana salah satunya adalah asap rokok, asap rokok mengandunga radikal bebas yang berpotensi membuat kuit menjadi keriput dan kelihatan menua. Nah antioksidan pada buah melon berguna untuk mencegah kulit keriput dan menjaga kelembaban kulit sehingga kulit tetap halus.
Menjaga kesehatan mata
Tidak hanya wortel saja yang kaya akan vitamn A, Buah melon juga sangat kaya akan kandungan vitamin A, vitamin A sendiri berguna untuk menjaga fungsi dari sel mata menjadi lebih optimal. Minum satu gelas jus melon sendiri sudah dapat memenuhi 50 persen kebutuhan kita akan vitamin A. Vitamin A sangat berguna untuk membantu retina pada mata menangkap cahaya dengan baik (rhodopsin).
Meningkatkan fungsi metabolisme dalam tubuh
Melon memiliki kandunga serat tinggi yang sangat bergunan untuk menunjang aktivitas metabolisme kita, dengan kandungan serat tinggi maka pembakaran lemak lebih mudah dilakukan, membantu pertumbuhan bakteri baik dalam tubuh sehingga proses penyerapan nutrisi pada makanan menjadi lebih baik dan mudah. Lancarnya metabolisme juga berdampak untuk menurunkan berat badan, menurunkan tekanan darah tinggi karena menghancurkan lemak yang menumpuk di arteri yang pada akhirnya dapat menurunkan potensi seranga penyakit jantung.
Berikut ini adalah beberaa kandungan nutrisi pada buah melon yang menunjang kesehatan kita.
Kalium
Buah melon memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi, kalium sangat berguna untuk menurunkan berat badan dan juga menurunkan tekanan darah tinggi sehingga pada akhirnya nantinya berguna untuk menurunkan potensi serangan penyakit jantung. Kalium juga memiliki peranan penting kalium juga berguna untuk meningkatkan kecerdasan otak kita karenan mengoptimalkan fungsi sel-sel otak.
Vitamin C
Kandungan vitamin C  buah melon sangat tinggi, vitamin C sendiri memiliki sifat antioksidan yang yang berguna untuk melindungi tubuh dari berbagai serangan radikal bebas. Vitamin C berguna untuk menjaga beberapa organ tubuh untuk menjalankan fungsinya dengan baik seperti gigi, tulang.
Vitamin A
Buah melon memiliki  kandungan vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan mata, mengurangi potensi dari degenersi mata yaitu penurunan fungsi mata seperti makula, rabun yang sebagian besar dikarenakan pertambahan usia. Vitamin A tidak hanya berguna bagi kesehatan mata semata melainkan juga berguna untuk kesehatan gigi dan tulang, minum jus buah melon segelas sehari dapat memenuhi 25% kebutuhan kita akan vitamin A.
Sangat disarangkan untuk minum jus paling tidak 2 kali sehari, untuk mendapatkan nutrisi yang maksimal hindari pengguanaan gula pada jus melon.