Magnesium Nutrisi Penting Bagi Tubuh Yang Haru Diketahui

Apa itu magnesium? Kebanyakan kita hanya membacanya di label makanan bermereksaja bukan. Magnesium merupakan senyawa yang sangat penting bagi tubuh karena memilik kontribusi terhadap lebih dari 300 reaksi yang ada di tubuh. Magnesium sendiri merupakan senyawa yang tersedia melimpah di bumi, sehingga banyak sekali makanan yang memiliki kandungan magnesium tinggi seperti buah dan sayuran yang baik bagi kesehatan kita.
Magnesium memiliki peranan penting bagi kesehatan tubuh kita, magnesium berguna untuk menunjung fungsi tubuh kita secara optimal. Magnesium berfungsi untuk menunjang otot, detak jantung, jaringan saraf dan jaringan tulang agar tetap sehat dan bekerja secara optimal. Sehingga suplemen magnesium berguna untuk mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan juga untuk menyeimbangkan kadar kolesterol jahat dan kolesterol baik (LDL) dengan cara meningkatkan produksi kolesterol baik dan menurunkan pertumbuhan kolesterol jahat. Magnesium juga berguna untuk mengobati penyakit diabetes dan mengobati infeksi pada kulit.
Beberapa kebiasaan seperti merokok dan minum minuman beralkohol dapat menjadi penyebab rendahnya kadar magnesium dalam tubuh. Usia yang semakin menua juga menjadi penyebab kekurangan magnesium, selain itu tentu saja tidak makan sayuran yang mengandung kandungan nutrisi magnesium yang tinggi dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes tipe 2. Kita bisa mendapatkan nutrisi magnesium dengan mengkonsumsi beberapa makanan seperti buah-buahan, kacang, ikan, daging, dan juga biji-bijian.

Kita dapat mengidentifikasi sedari awal gejala kekurangan magnesium, gejala kesemutan, kontraksi otot, irama detak jantung yang tidak normal, serta perubahan mood atau cenderung emosional gejala kejang-kejang, mual, mati rasa dan mudah lelah merupakan petanda awal kekurangan magnesium. Fenomena kejang-kejang sendiri merupakan akibat dari kurangnya pasokan darah pada arteri yang disebabkan oleh terhambatnya penangangkutan kalium dan kalsium dalam darah, magnesium sendiri merupakan senyawa yang sangat penting untuk transportasi kalium dan kasium ke darah. Fenomena ini dapat mengakibatkan serangan jantung, kesulitan bernafas dan akan berakibat pada kematian.
Maka tidak heran kalau pada satu penelitian didapatkan hasil bahwa mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung nutrisi magnesium yang tinggi dapat menurunkan resiko penyakit jantung.
Magnesium juga berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi, hal ini sudah dibuktikan dalam berbagai penelitian bahwa magnesium merupakan senyawa efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa magnesium menurunkan tekanan darah dari 4 sampai 2 mmHG. Diet sehat dengan konsumsi sayuran sebagai menu utama sangat disarankan karena selain menurunkan berat badan dan mendapatkan kandungan nutrisi yang lainya pada sayur, juga menurunkan potensi serangan penyakit tekanan darah tinggi, karena sayuran merupakan bahan makanan yang sangat kaya akan senyawa magnesium.
Magnesium juga berguna untuk mencegah potensi resiko penyakit diabetes tipe 2, karena magnesium mampu mengontrol kadar gula darah menjadi lebih baik dengan membantu tubuh menyerap insulin dengan baik. Magnesium juga berfungsi untuk melindungi kesehatan tulang dengan meningkatkan kepadatan mineral dari tulang sehingga kita akan terhindari dari penyakit osteoporosis yang lebih disebabkan oleh usia yang semakin menua. Osteoporosis sendiri juga dikenal dengan tulang rapuh, dimana tulang kita akan lebih mudah patah ketika mengalami benturan, namun tulang kita tidak dapat sembuh dengan lebih cepat bahkan bisa mengalami cacat permanen. Untuk diketahui anak kecil ketika jauh dan tuang retak mampu sembuh dengan waktu yang lebih cepat dibandingkan dengan orang dewasa. Beberapa penelitina juga menyebutkan magnesium mampu menyembuhkan penyakit migrai atau yang lebih dikenal dengan penyakit kepala sebelah.