Manfaat Apel Bagi Kesehatan

Apel merupakan buah yang enak dan menyegarkan, apel memiliki daging yang berwarna putih dengan kulit yang berwarna hijau, merah, kuning tergantung dari jenisnya sebagai contoh apel indonesia seperti apel malang memiliki warna hijau sedangkan apel washington atau apel swiss memiliki warna yang merah. Apel sendiri berasal dari eropa timur dan asia barat daya berabad abad yang lalu kemudian menyebar ke seluruh dunia. Apel sendiri memiliki warna yang manis dan sedikit masam.
Apel sendiri memiliki banyak sekali kandungan gizi dan nutrisi seperti vitamin C, serat, polifenol, flavonoid. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah apel bagi kesehatan kita. Terutam senyawa polifenol yang memiliki manfaat yang luar biasa banyaknya.
Sebagai antioksidan
Buah apel memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi yaitu polifenol, polifenol berfungsi untuk mencegah oksidasi lemak pada membran sel sehingga berguna untuk memperlancar peredaran darah. Karena oksidasi lemak pada membran sel dapat membuat arteri tersumbat sehingga membuat peredaran darah tidak lancar dan menyebabkan tekanan darah tinggi.
Selain itu polifenol pada buah apel bermanfaat untuk mencegah potensi penyakit asma, dan mengurani potensi serangan penyakit kanker paru-paru.

Anti kanker
Makan buah apel secara efekti akan mengurangi potensi serangan penyakit kanker, banyak sekali penelitian yang menunjukan bahwa apel bermanfaat untuk menurunkan potensi serangan penyakit kanker. Hal ini disebabkan kandungan antioksidanya yang tinggi, sehingga efekif melawan sel-sel kanker.
Mencegah penyakit asma
Buah aple secara efekti dapat mencegah potensi serangan penyakit asma karena kemampuan antioksidan dari polifenol, banyak sekali penelitian yang menunjukan bahwa apel dapat mencegah penyakit asma lebih efektif.
Mengatur gula darah
Buah apel berguna untuk mengatur kadar gula darah karena kemampuan dari polifenol untuk menyerap karbohidrat dalam tubuh sehingga secara tidak langsung akan mengatur kadar gula darah. Kandungan Quercetin dan flavonoid berguna untuk memecah karbohidrat menjadi gula sederhana sehingga mengurangi kadar gula dalam darah. Disamping itu polifenol  juga menurunkan penyerapan kadar gula dalam pencernaan, dengan demikian akan menghindari kadar gula yang berlebih dalam darah.
Polifenol juga berperan untuk merangsang atau menstimulais insulin dalam pankreas, seperti diketahui hormon insulin inilah yang sangat berperan untuk mengatur gula dalam darah. Hormon insulin berperan untuk meningkatkan aliran gula dalam darah menuju ke sel, sehingga penumpukan gula dalam darah dapa dihindari.
Melancarkan peredaran darah
Apel mengandunga antioksidan yang sangat tinggi sehingga sangat efektif untuk memperlancara peredaran darah, kandungan antioksidan mencegah oksidasi lemah yang dapat menyebabkan gangguan peredaran darah. Kandungan antioksidan seperti polifenol sangat bergunan untuk mengatur kadar gula, karbohidrat dalam tubuh, efektif untuk menghancurkan kolesterol yang berpotensi mengganggu sistem peredaran darah. Sehingga dapat menghindarkan kita dari potensi serangan penyakit jantung.
Kandungan utama dari apel yaitu polifenol perlu dilindungi sedemikian rupa agar tidak rusak, karena kalau rusak maka manfaat dari apel untuk kesehatan akan jauh berkurang, mengkonsumsi apel ada baiknya langsung beserta kulitnya karena pada kulit buah apel tersebut terkandung banyak sekali nutrisi. Hindari browning pada apel karena irisan atau sebab lain. mengkonsumsinya dalam bentuk jus adalah yang terbaik disamping dengan makan secara langsung.
Apel malang lebih bergizi dibandingkan dengan apel import, banyak sekali yang beranggapan bahwa apel import jauh lebih baik dari apel lokal karena tampilanya yang merah menawan. Namun pada kenyataanya apel lokal memiliki kandungan polifenol yang jauh lebih baik dari apel import.