Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Bawang putih merupakan bagian yang terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari, bawang putih seeringkali dijadikan bumbu penyedap makanan kita sehari-hari. Bawang putih sendiri merupakan tanaman yang masuk dalam keluarga (family) alium dan sudah dikenal oleh manusian di berbagai balahan dunia sejak ribuan tahun yang lalu, untuk itu jangan heran kalau bawang putih juga menjadi bahan penyedap makanan dan sebagai bahan pengobatan dari berbagai penjuru dunia dari jaman dulu kala dari cina, mesir, romawi, sampai dengan yunani. Karena bawang merah sendiri tumbuh dengan baik di berbagai dunia.
Bawang putih memiliki beragai kandungan nutrisi yang sangat berguna untuk menunjang kesehatan kita diantaranya sulfur, juga senyawa allicin yang membuat bawang putih memiliki bau khas menyengat dan masih banyak sekali kandungan nutrisi lain yang bermanfaat bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa macam manfaat dari bawang putih.
Mengobati penyakit pilek
Banyak sekali studi yang menyebabkan dengan mengkonsumsi bawang putih dapat menyembuhkan penyakit pilek. Disamping itu dengan mengkonsumsi bawang putih secara rutin akan menghindarkan kita dari penyakit pilek, karena bawang putih sendiri meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita bawang putih sendiri memiliki banyak sekali kandungan vitamin seperti vitami B6 dan vitamin C.

Menurunkan tekanan darah tinggi
Bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga sangat efektif untuk memperlancara peredaran darah dan menurunkan tekanan darah kita. Dengan menurunkan  tekanan darah tinggi maka bawang putih juga efektif mencegah penyakit jantung yang merupakan penyakit mematikan nomer satu di dunia, tekanan darah tinggi sendiri merupakan penyebab utama dari penyakit jantung.
Kesehatan kulit
Bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat melindungi kuli dari radikal bebas dengan demikian kulit akan terhindar dari penuaan dini dan kulit berkeriput, oksidatif dari bawang membantu regenerasi sel kulit mati pada kulit juga mencegah kerusakan sel kulit, sehingga kulit tetap akan terlihat halus.
Sumber energi
Bawang putih memiliki kandunga vitamin C yang berguna sebagai sumber energi kita dalam aktivitas keseharian, karena bawang putih aktif menunjang kinerja dari zat dalam tubuh kita ketika beraktivitas. Bawang putih sendiri juga sering dipakai sebagai bahan dasar obat suplemen untuk para atlit.
Detoksifikasi
Bawang putih dengan kandungan oksidasi yang tinggi memiliki kemampuan detoksifikasi  yang sangat baik, yakni mengeluarkan toksin atau racun dalam tubuh sehingga tubuh tetap akan terlidungi. Bawang putih juga mampu mengeluarkan racun berupa logam berat yang ada pada tubuh kita, dalam suatu penelitian 1 ons bawang putih mampu mengeluarkan 19 persen timbal dalam tubuh kita.
Memperkuat tulang
Bawang putih memiliki kandungan kalium dan kalsium yang tinggi sehingga bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi kita, menghindarkan dari tulang keropos karena usia atau pola makan. Bawang putih dapat mencegah osteoporosis terutama pada wanita karena meningkatkan kadar hormon estrogen wanita.
Memperpanjang umur
Bawang putih menjadi bagian dari pengobatan tradisional yang telah berusia ribuan tahun yang lalu dari berbagai belahan dunia, bawang  putih dipakai sebagai obat untuk memperpanjang usia.
Berikut ini adalah daftar kandungan nutrisi dari bawang putih:
Mangan: 23% dari RDA.
Selenium: 6% dari RDA.
Vitamin C: 15% dari RDA.
Vitamin B6: 17% dari RDA.
Serat: 1 gram.
Begitulah sejumlah manfaat bawang putih bagi kesehatan kita, disamping membuat makanan menjadi lebih enak dengan menyertakan bawang putih pada makanan kita maka kita akan mendapatkan asupan nutrisi yang banyak.