Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan Kita

Buah anggur memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi sekali sehingga meunjang kesehatan kita, buah anggur memiliki hormon melatonin dan antioksidan sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Karena sifat anti bakteri yang dimilikinya, anggur membantu kita untuk mencegah penyakit tekanan darah tinggi, paru, jantung serta penyakit kronis lainnya.
Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah anggur bagi kesehatan kita.
Sebagai antioksidan
Anggur memiliki kandungan senyawa antioksidan fitonutrien antioksidan sendiri seperti diketahui sangat berguna untuk menangkal berbagai kerusakan sel karena serangan radikal bebas, antioksidan juga berguna untuk menghindari oksidasi lemak dalam darah,  menghambat enzim tertentu seperti santin dan katalase agar tidak terlalu aktif, kedua enzim ini berhubungan erat dengan proses oksidasi.
Melancarkan peredaran darah
Antioksidan yang terkandung dalam anggur efektif untuk mencegah serangan radikal bebas yang akan merusak membran sel, menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang berlebih juga berguna untuk mengurangi penyempitan arteri sehingga peredaran darah jadi lancar. Dalam waktu jangka panjang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung kita. Karena ganguan pada peredaran darah merupakan salah satu penyebab utam dari penyakit jantung ini.

Mengatur gula darah
Anggur memiliki indeks glikemik 43-53 sehingga merupakan indikator yang sangat baik bagi gula darah kita, mampu mengontrol produksi insulin dengan lebih baik sehingga dapat menghindari potensi penyakit diabetes tipe 2.
Membuat awet muda
Buah anggur memiliki kandungan fitonutrien yang berguna untuk membuat kita menjadi lebih awet muda atau berusia lebih panjang. Karena filonutrien berkaitan erat dengan gen yang berhubungan dengan umur panjang yaitu SirT1s, Fox0s, dan PBEFs melakukan diet sehat juga berhubungan dengan gen umur panjang tersebut, kebiasaan melakukan pola hidu diet sehat juga akan membuat umur kita menjadi lebih panjang.
Membuat kita lebih pintar
Dalam suatu penelitian disebutkan bahwa mengkonsumsi buah anggur ternyata membuat nilai seorang pelajar menjadi meningkat, dengan demikian buah anggur dapat meningkatkan kemampuan kognitif kita. Karena asuan buah anggur telah berjasa mengurangi akumulasi ROS dalam otak kita.
Anti kanker
Buah anggur memiliki kandungan antioksidan yang terbukti mampu mencegah stres oksidatif dan peradangan oksidatif kronis penyebab dari timbulnya penyakit kanker. Berguna untuk mencegah kanker payudara, kanker prostat, dan kanker usus anggur sendiri memiliki banyak kandungan antioksidan flavonoid, fitonutrien sehingga berguna untuk menangkal lebih dari satu macam penyakit kanker. Kandungan serat pada anggur jika bergabung dengan antioksidan dapat mencegah kanker usus, karena memberikan perlidungan pada usus untuk menjalankan fungsinya.
Menjaga kesehatan kulit
Buah anggur memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, tentunya sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit, karena melindungi serangan radikal bebas yang membuat kulit menjadi keriput dan kelihatan tua. Anggur juga menjaga kulit agar tetap lembab tidak kering sehinggan kulit akan tetap halus, disamping itu sifat antioksidan dari anggur berguna untuk mempercepat regenerasi sel kulit.
Bersifat anti mikroba
Anggur sendiri memiliki sifat anti mikroba karena memiliki kandungan antioksidan fitonutrien, disamping itu buah anggur memiliki kandungan oligopeptida juga memiliki sifat anti mikroba. Sehingga buah anggur dapat mencegah potensi serangan penyakit yang berhubungan dengan bakteri.
Anggur sendiri sudah dikenal pada tahun 5000 SM di mesir, ini terbukti dari pahatan-pahatan pada dinding piramida, anggur sendiri menurut catatan sejarah bangsa mesir sudah dipakai dan dipercaya untuk membuat awet muda dan menjaga kecantikan.