Manfaat Buah Ceri Bagi Kesehatan Kita

Ceri merupakan buah yang kecil bahkan lebih kecil dari buah anggur, namum memiliki cita rasa yang lezat. Ceri sendiri memiliki kandungan air yang banyak, saat ini ceri menjadi buah favorit kita termasuk saya dalam hal ini.
Ceri selain memiliki cita rasa yang enak juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak sekali sehingga makan buah ceri memberikan manfaat bagi kesehatan kita diantaranya antosianin, melatonin dan kandungan antioksidan yang tinggi, berikut ini adalah beberapa manfaat buah ceri bagi kesehatan kita.
Membantu kualitas tidur kita
Buah ceri memiliki kandungan melatonin yang membantu kita untuk memperbaiki kualitas tidur kita, seperti diketahui sulit tidur menjadi permasalahan tersendiri di kehidupan yang modern ini. Kurang tidur juga akan menyebabkan kesehatan kita terganggu, stres tekanan darah tinggi, dan mudah capek adalah salah satu akibat dari kurang tidur. Tips agar cepat tidur adalah minum jus buah ceri pada malam menjelang tidur, lakukan hal ini secara rutin agar kualitas tidur kita menjadi lebih baik, hal ini sudah dibuktikan dalam beberapa penelitian. Jus buah ceri juga membantu sulit tidur akibat jet lag, dimana sulit tidur disebabkan oleh kelelahan karena selesai menjalani perjalanan jauh.

Mengurangi lemak dalam tubuh
Buah ceri dapat mengurangi lemak dalam tubuh dengan cara memecah lemak dan memberikan asupan makana bagi bakteri baik dalam usus kita, sehingga memperlancar proses metabolisme kita. Dalam suatu penelitian buah ceri juga telah terbukti menurunkan berat badan.
Mengurangi resiko stroke, diabetes, dan tekanan darah tinggi
Buah ceri memiliki kandungan antosianin yaitu senyawa yang membuat warna buah ceri menjadi merah, dan antosianin ini bermanfaat untuk mengoptimalkan dan mengaktifkan PPAR yang berfungsi untuk mengatur gen yang berperan untuk memecah  lemak dan glukosa dalam proses metabolisme dalam tubuh kita.
Memperlambat proses penuaan kulit
Buah ceri memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga berguna untuk melindungi kulit kita dari serangan-serangan radikal bebas yang menyebabkan kulit kita mengalami pengerutan dan penuaan dini. Antioksidan pada buah ceri juga berguna untuk mempercepat regerasi sel-sel pada kulit dimana sel kulit mati yang dapat menyebabkan kulit keriput dan kusam untuk digantikan dengan sel kulit yang masih muda.
Mengurangi nyeri otot
Dalam suatu penelitian sudah dibuktikan bahwa minum buah ceri dapat menghidarkan kita dari peradangan yang berakibat nyeri otot bahkan dibandingkan dengan meminum jus buah yang lain, minum jus buah ceri lebih efektif untuk mengurangi nyeri otot.
Mencegah penyakit jantung
Saat ini penyakit jantung merupakan penyakit paling ganas di dunia, dengan minum jus buah ceri secara rutin maka kita bisa menghidari penyakit jantung karena buah ceri memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi yang berguna untuk mengatur detak jantung dan mengurangi resiko hipertensi. Buah ceri memiliki kandungan pitosterol yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh kita. Buah ceri seperti sudah disebutkan di atas juga membantu memperbaiki kualitas tidur kita sehingga bisa mencegah penyakit jantung dengan baik.
Mencegah kanker
Buah ceri sangat baik untuk mencegah kanker karena kandungan oksidasi yang tinggi mampu mencegah kerusakan oksidasi dalam tubuh, selain itu buah ceri menghindari pembentunkan amina aromatik heterosiklik yang merupakan salah satu penyebab kanker.

Menambahkan buah ceri pada kue-kue olahan seperti yang sering kita jumpai juga sangat baik untuk mengurangi atau mencegah proses pembentukan bahan kimia karsinogenik yang sering terjadi pada kue seperti kue tart.