Manfaat Cabai Untuk Kesehatan Kita

Cabai adalah bahan makanan rempah-rempah favorit orang indonesia, karena cita rasanya yang sangat pedas. Beda dengan luar negeri yang lebih menyukai merica untuk membuat cita rasa pedas pada makanan karena merekan sendiri tidak terlalu suka dengan cita rasa yang terlalu pedas. Begitu sukanya masyarakat indonesia terhadap cabai atau lombok ini sampai-sampai sambal yang merupakan makanan olahan ‘tersebar di nusantara dengan ciri khas masing-masing.
Cabai dibalik rasanya yang sangat pedas itu, ternyata menyimpan banyak sekali nutrisi yang berguna bagi kesehatan kita. Cabai memiliki nama latin Capsicum annum masih satu family atau keluarga dengan kentang, tomat, terong dll, cabai mengandung senyawa alkaloid, capsaicin yang membuat rasa dari cabai itu sendiri menjadi pedas.
Cabai juga mengandung  banyak mineral vitamin C, besi, mangan, kalium, vitamin B kompleks juga mengandung vitamin A. Begitu banyak kandungan nutrisi dari cabai maka cabai juga akan memberikan manfaat yang banyak sekali bagi kesehatan kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat cabai untuk kesehatan kita.

Menghilangkan sakit nyeri
Cabai sendiri mengandung Capsaicin dan berbagai senyawa turunanya, Capsaicin sangat berguna untuk menghilangkan rasa nyeri otot, dan juga rematik. Bahkan Capsaicin sendiri sampai saat ini sering dipakai sebagai bahan dasar obat penghilang nyeri otot dan rematik seperti balsem.
Menangkal penyakit jantung
Dalam banyak penelitian Capsaicin terbukti membantu sistem peredaran darah menjadi lancar, Capsaicin juga berguna untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi kandungan kolesterol dalam tubuh dengan demikian tentu saja akan menjauhkan kita dari potensi serangan jantung. Capsaicin juga secara efektif mencegah kerusakan sel jantung.
Menurunkan berat badan
Kandungan Capsaicin pada cabai juga sangat berguna untuk memerlancar proses metabolisme, sehingga dapat menurunkan kolesterol dan dalam janka waktu tertentu mampu menurunkan berat badan. Saat ini Capsaicin banyak digunakan oleh  obat atau suplemen penurun berat badan yang beredar dipasaran, dalam suatu penelitian juga dihasilkan ternyata Capsaicin berguna untuk mengurangi nafsu makan dan sangat membantu diet.
Mencegah diabetes
Capsaicin pada cabai sangat berguna untuk menangkal potensi serangan penyakit diabetes, karena Capsaicin mampu mengatur kadar gula dalam darah yang menjadi penyebab utama dari diabetes.
Mencegah kanker
Kandungan Capsaicin pada cabai juga sangat berguna untuk menangkal serangan penyakit kanker, karena dalam banyak penelitian disebutkan bahwa Capsaicin efektif untuk menghambat pertumbuhan sel kanker seperti kanker leukimia, dan kanker prostat.
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
cabai secara efektif dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh  karan mengandung pro-vitamin A yang bergunan untuk melapisi saluran hidung, saluran pencernaan, saluran kemih dengan demikian akan membentuk semacam pertahanan yang berguna untuk menangkat patogen (zat beracun) yang menyerang.
Memperlancar sistem peredaran darah
Cabai mampu mengurangi kolesterol dalam darah dan juga memiliki manfaat untuk memperlancar peredaran darah dengan mengahncurkan zat fibrin yang membentuk darah beku. meningkatkan sistem kekebalan darah terhadap kolesterol, lemak, trigliserida, melindungi darah dari kerusakan akibat serang radikal bebas.
Mengobati hidung tersumbat
 Cabai dapat menyembuh penyakit hidung tersumbat karena kandungan Capsaicin mampu secara efektif merangsang sekresi sehingga dapat membersihkan lendir dalam hidung, selain itu Capsaicin juga berguna untuk mengurangi sesak pada paru-paru.
Demikian manfaat cabai bagi kesehatan kita, usahakan untuk memakan cabai yang memang sudah lembut sehingga tidak ada biji utuh yang tersisa. Karena biji kecil-kecil utuh pada cabai itu sangat sulit dicerna oleh usus kita.