Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Kita

Tanaman jahe merupakan jenis rempah-rempah yang memiliki manfaat banyak sekali bagi kesehatan kita untuk itu jahe dimasukan dalam tanaman toga. Jahe sendiri sudah menjadi bagian dari pengobatan tradisional sejak dari jaman dulu. Saat ini jahe sudah dimasukkan dalam berbagai resep herbal, pengobatan herbal sendiri saat ini sedang naik daun karena masyarakat sudah semakin sadara akan  pentingnya menggunakan pengobatan alami, karena pengobatan yang menggunakan bahan-bahan kimi lebih cenderung memiliki efek samping bagin tubuh.

Jahe juga menjadi bahan makanan untuk masakan kita, beberapa makanan tradisional kita menggunakan jahe sebagai salah satu bahan penyedapnya. Jadi selain membuat cita rasa dari makanan menjadi gurih-gurih panas atau pedas khas jahe, jahe juga memberikan keuntungan yang tidak kalah pentingnya bagi kesehatan kita, berikut ini adalah beberapa manfaat penting dari jahe untuk kesehatan kita.
Membunuh kanker
Banyak sekali penelitian bahwa jahe efektif untuk membunuh sel kanker bahkan lebih efektif dibandingakan dengan obat penyembuh kanker berbahan kimia pada kemoterapi, karenan pengobatan menggunakan obat kimia dalam jangka waktu tertentu akan membuat sel kanker akan jadi lebih tahan atau kebal terhadap berbagi macam obat kimia itu sendiri, disamping itu pengobatan kemoterapi menggunakan obat-obat kimia akan memberikan efek samping bisa penyakit berbahaya yang lain, maka tidak heran pasien yang menggunakan metode ini sering mengalami komplikasi. Ada beberapa teman yang intens di bidang kedokteran yang bilang sebenarnya kemoterapi sendiri adalah pengobatan melawan penyakit dengan racun, penyakit kanker pada pasien dapat disembuhkan namun akan dapat menimbulkan penyakit berbahaya yang lain pada tubuh.
Adalah Gingerol merupakan senyawa yang menyebabkan jahe memiliki rasa yang khas dapat menghambat perkembangan sel kanker dalam tubuh, hal ini sudah dibuktikan dalam beberapa penelitian, bahkan kandungan Gingerol pada jahe juga dapat mengahambat perkembangan peyakit tumor, suatu penyakit yang tidak kalah berbahayanya dengan penyakit kanker.
Meningkatkan kekebalan tubuh
Makan jahe menghindarka kita dari penyakit flu dan pilek, karena rasanya yang panas membuat suhu tubuh menjadi panas dan mengeluarkan keringat, keringat sangat penting bagi tubuh karena kerngat merupakan salah satu sarana detoksifikasi, air keringat yang kelur dari dalam tubuh secara efektif akan mengeluarkan bakeri dan kuman-kuman berbahaya yang ada ditubuh atau menempel pada kulit kita. Karena keringat memiliki agen yang berperan untuk memerangi kuman yaitu Dermicidin. Dermicidin sendiri merupakan senyawa yang diproduksi oleh kelenjar keringat untuk kemudian diangkut ke permukaan kulit, Dermicidin dapat membunuh berbagai macam mikroorganisme yang ada pada kulit kita seperti bakteri E.coli.
Anti peradangan atau anti inflamasi
Jahe sendiri memiliki kandungan gingerol yang memiliki fungsi untuk menghindari peradangan yang berakibat pada penyakit tertentu seperti penyakit osteoarthritis atau rheumatoid yang biasanya diakibatkan oleh usia yang semakin menua. Gingerol juga berguna untuk menghindarkan kita dari pembengkakan otot, nyeri otot dll. Dalam berbagai studi sudah disebutkan bahwa jahe mampu menghindarkan penderita asteoarthiritis dari berbagai sakit nyeri otot.
jahe memiliki kandungan gingerol yang juga memiliki sifat antioksidan, berguna untuk melindungai berbagi serangan radikal bebas. Dalam penelitian disebutkan bahwa gingerol dapat menghambat oksidasi oksida nitrat yang berperan dalam pembentukan radika bebas yang berbahaya bagi tubuh yaitu peroxynitrite dalam studi tersebut juga disebut mencegah pertumbuhan radikal bebas lipid yang sangat berbahaya bagi tubuh kita.

Demikialah artikel mengenai manfaat jahe bagi kesehatan kita, semoga dapat menambah wawasan anda.