Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan Kita

Jeruk merupakan buah yang sangat disukai karena memiliki rasa asam segar,  disamping memiliki rasa yang enak jeruk juga memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang sangat banyak sekali, sehingga memberikan manfaat bagu kesehatan kita. Jus jeruk menjadi minuman favorit setelah melakukan aktivitas olahraga karena jeruk memiliki banyak sekali kandungan vitamin yang berfungsi sebagai energi bagi tubuh kita. Berikut ini beberapa manfaat dari buah jeruk bagi kesehatan kita.
Jeruk sendiri merupakan buah yang berasal dari asia tenggara dan asia timur, dan jeruk sudah dikonsmsi sejak ribuan tahun yang lalu. Jeruk memiliki banyak sekali varietas tumbuh dengan baik pada daerah yang memiliki iklim tropis maupun semi tropis.

Mencegah penyakit kanker
Buah jeruk memiliki kandungan senyawa limonoid yang sangat bermanfaat untuk membunuh sel-sel kanker diantara jenis kanker yang dapat dicegah oleh limonoid adalah kanker payudara, kanker pankreas, kanker kulit. Selain itu senyawa limonoid juga efektif mencegah paru-paru.
Kanker juga memiliki senyawa karotenoid yang dapat mencegah penyakit kanker hati, dalam sebuat penelitian sudah dibuktikan bahwa jeruk dapat mengurangi kanker hati.

Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
Jeruk berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh karena jeruk memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, kandunga serat inin membantu untuk memberikan asupan yang baik untuuk bakteri baik pada usus dan memecah lemak jenuh dalam tubuh sehingga membantu proses metabolisme denga baik.

Mencegah penyakit jantung
Buah jeruk juga sangat membantu untuk meningkatkan kesehatan penyakit jantung kita karena buah jeruk memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi kalium merupakan mineral elektrolit yang membantu jantung untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Untuk diketahui salah satu penyebab penyakit jantung adalah kekuranga kalium dalam tubuh.

Melindungi kesehatan kulit
Jeruk memiliki kandungan vitamin dan antioksidan yang tinggi, antioksidan yang ada pada jeruk adalah antioksidan beta karoten, yang berguna untuk melindungi sel kulit dari radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini, antioksidan juga berguna untuk mempercepat regenerasi sel kulit kita sehingga kulit akan terlihat tetap muda.

Menyembuhkan penyakit sembelit
Jeruk memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga dapat membantu proses pencernaan menjadi lancar sehingga dapat menyembuhkan sembelit.

Meningkatkan energi
Jeruk memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, baik diminum setelah melakukan joging atau kegiatan olahraga yang lain karena mampun mengembalikan energi kita yang hilang karena aktivitas olahraga maupun aktivitas kerja. Vitamin C sendiri seringkali dipakai sebagai bahan dasar untuk obat atau suplemen energi.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Jeruk memiliki kandunga vitamin C dan  antioksidan yang berguna untuk melindungi kita dari senyawa radikal bebas penyebab penyakit kanker, penyaki jantung serta penyakit berbahaya lainya. Selain itu jeruk mengandung polifenol yang berguna untuk menangkal serangan virus dan bakteri sehingga kita akan terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.


Yang perlu diketahui dalam minum jeruk jangan terlalu sering karena minum jus jeruk dengan jumlah yan berlebih akan membuat gigi kita rusak, kandungan asam pada jeruk akan merusak dinding email kita. Usahakan untuk menghindari jeruk yang dibudidayakan dengan pestisida, karena bahan kimia seperti pestisida akan membuat kualitas nutrisi pada jeruk jadi jelek. Juga hindari jeruk yang memiliki tekstur kulit keriput, karena itu menandakan buah jeruk tersebut mengalami degradasi kualitas nutrisi.