Manfaat Kandungan Nutrisi Ikan Tuna Bagi Kesehatan Kita

Ikan tuna merupakan salah satu ikan yang memiliki kandungan nutrisi omega-3 yang sangat tinggi, ikan tuna disamping ikan salmon merupakan jenis ikan yang menjadi kegemaran dari bangsa jepang. Ikan tuna sendiri di Indonesia memiliki popularitas yang terus menanjak hal ini dikarenakan kesadaran akan nutrisi kandungan dari ikan tuna meningkat.
Dengan berbagai kandungan nutrisi sehat yang dimilikinya tentu saja ikan tuna merupakan ikan yang sangat bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh kita, berikut ini adalah beberapa manfaat ikan tuna bagi kesehatan kita.
Menurunkan tekanan darah
Kandungan omega-3 pada ikan tuna berguna untuk menurunkan tekanan darah, omega-3 pada ikan tuna dapat memperlancar peredaran darah, dan menghilangkan penyumbatan pada aliran darah. Banyak sekali penelitian yang menyebutkan bahwa ikan tuna mampu menurunkan tekanan darah, dan juga membuktikan bahwa mereka yang mengkonsumsi ikan tuna secara rutin lebih tahan terhadap serangan darah tinggi.
Menjaga kesehatan jantung
Kandungan omega-3 dapat membantu meningkatkan variabilitas denyut jantung (HRV), gangguan tingkat HRV atau irama yang tidak normal HRV menunjukkan bahwa jantung tidak sehat. Kemampuan ikan tuna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah juga berdampak langsung bagi kesehatan jantung, karena lancar nya suplai darah yang mengandung oksigen ke dalam jantung merupakan pondasi utama kesehatan jantung.


Mencegah penyakit stroke
Mengkonsumsi ikan tuna dapat menghindarkan kita dari penyakit stroke, karena kandungan omega 3 dari ikan tuna mampu mengoptimalkan fungsi-fungsi otak dan memperlancar suplai darah ke otak. Dalam suatu penelitian terbukti bahwa mengonsmsi ikan tuna dapat menurunkan potensi serangan penyakit stroke sampai 28 persen.
Mencegah penyakit kanker
Dalam banyak sekali penelitian ikan tuna sangat berguna untuk menurunkan potensi serangan penyakit kanker, dalam penelitian disebutkan bahwa orang yang secara rutin mengkonsumsi ikan tuna memiliki resiko lebih kecil dibandingkan dengan merekan yang jarang mengkosumsi ikan tuna.
Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
Ikan tuna secara efektif menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan juga menurunkan Trigliserida, dengan menurunkan Trigliserida maka tubuh dapat mencapai kandungan kolesterol jahat (LDL) rendah dan sekaligus meningkatkan jumlah protei baik bagi tubuh (HDL).
Menunjang sistem kekebalan tubuh
Ikan tuna tidak hanya memiliki kandungan omega-3 saja, namun ikan tuna juga memiliki kandungan antioksidan selenium yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai serangan radikal bebas yang menjadi penyebab penyaki tertentu.
Menurunkan berat badan
Ikan tuna sangat baik dipakai sebagai bahan makanan diet, karena ikan tuna dapat membantu  menurunkan berat badan hal ini sudah ditunjukkan oleh berbagai penelitian yang menunjukkan bahwa diet dengan mengkonsumsi ikan tuna dapat menurunkan berat badan lebi cepat. Hal ini dikarenakan kandungan omega-3 pada ikan tuna menurunkan kadar kolesterol dan menghilangkan tumpukan lemak dalam tubu, sehingga pada akhirnya akan membantu menurunkan berat bada dismping itu ikan tuna juga meningkatkan produksi insulin, kekurangan insulin dapat menyebabkan deabetes tipe 2.
Ikan tuna juga merangsang produksi hormon leptin, leptin sendiri bertugas untuk membantu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh dan merangsang pertumbuha bakter baik dalam usus sehingga mampu dengan sempurna menyerap nutrisi-nutrisi dalam makanan. Ikan tuna juga merupakan ikan yang memiliki kandungan lemak dan kalori rendah, dengan indeks glikemik 0, tentu saja ikan tuna menjadi makanan populer terutama bagi merekan yang sedang menjalai program diet.

Demikianlah beberapa manfaat dari ikan tuna yang berguan bagi kesehatan kita, semoga bermanfaat