Manfaat Kecap Bagi Kesehatan

Kecap merupakan bumbu penyedap yang tak terpisahkan bagi kita, dengan kecap kita bisa membuat makanan yang kita makan menjadi lebih nikmat. Bahkan saat ini banyak sekali makanan terutama makanan khas indonesia yang juga menggunakan kecap sebagai bumbu dasar nya, misalnya sate.
kecap sendiri merupakan bumbu yang sudah ditemukan ribuan tahun yang lalu tepat nya abad 2 sebelum masehi oleh bangsa cina, saat ini kecap sudah tersebar di berbagai negara dengan ciri khas masing-masing di Indonesia sendiri kecap yang paling disukai adalah kecap manis, hal ini berbeda dengan negara lainya seperti jepang yang lebih banyak menggunakan kecap asin sebagai bahan masakan. kecap sendiri murapakan bumbu yang dibuat dengan melakukan fermentasi terhadap kedelai yang dicampur dengan air garam, dan bakter aspergillus oryzae atau aspergillus sojae sebagai fermipan nya dan hasil nya adalah kecap yang kental dan berwarna hitam.

Disamping sebagai bumbu yang membuat makanan jadi lezat kecap juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat berguna bagi kesehatan kita, berikut ini beberapa manfaat kecap terhadap kesehatan kita.
Sodium
kecap mengadung natrium sodium merupakan mineral yang sangat penting untuk transmisi saraf dan juga untuk mengatur tekanan darah. untuk sekedar diketahui 1 sendok teh memiliki kandungan 335 miligram sodium. rata-rata manusia memiliki kebutuhan akan natrium sebanyak 2.300 miligram per hari, namun hal ini tentu harus dibedakan dengan yang memiliki gangguan tekanan darah tinggi, usia yang semakin tua dan gangguan tekanan darah tinggi membuat kebutuhan akan natrium menurun disarankan 1000 miligram per hari.

Antioksidan
 dalam banyak penelitian disebutkan kecap memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, dengan demikian kecap juga membantu untuk mencegah penyakit jantung, antioksidan juga efektif untuk melawan kanker, karena memerangi kolesterol dan lemak jenuh dalam darah dimana kolesterol menjadi penyebab utama peredaran darah yang tidak lancar.
Kandunga antioksidan dalam kecap banyak sekali diantaranya adalah asam fenolik antioksidan termasuk vanillic, syringic, coumaric, dan asam ferulat. Antioksidan isoflavonoid dalam kecap termasuk glycitein, daidzein, genistein, dan genistin. Bahkan dalam suatu penelitian ternyata kecap mengadung antioksidan yang lebih banyak dibandingkan dengan anggur merah.
Menyembuhkan alergi
dalam suatu penelitian di Amerika disebut bahwa kecap ternyata bisa mengurangi atau menyembuhkan alergi, hal ini dimungkinkan karena kecap memiliki kandungan bakteri asam laktat yang tinggi.
Nutrisi kecap
dalam 100 ml kecap maka kandunga gizi dari kecap adalah sebagi berikut
Kalori: 60
Lemak: 0,1 g
Karbohidrat: 5.57 g
Serat: 0,8 g
Protein: 10.51 g
Sodium: 6 g
Karsinogen
Saluran pencernaan
kecap sangat bermanfaat bagi saluran pencernaan kita yaitu memecah protein dan karbohidrat terlebih untuk diambil bagian unit yang penting seperti polipeptida dan oligosakarida, karena sifat fermentasinya sehingga protein dan karbohidrat di pecah melalui fermentasi makanan sehingga sangat baik untuk saluran pencernaan karena mengurangi beban dari saluran pencernaan.
selain sifat fermentasi dari kecap sangat mendukung pertumbuhan bakteri asam laktat yang sangat baik bagi usus, yaitu Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus bakteri ini berguna untuk membantu kita menyerap nutrisi pada makanan yang kita konsumsi.
demikian manfaat dari kecap yang sangat banyak sekali, selain itu kecap juga mengandung vitamin K, yang sangat berguna untuk kesehatan tulang kita sehingga mennghindari osteoporosis vitamin K sendiri tercipta melalui bakteri Bacillus . vitamin K mempertahankan kepadatan mineral tulang sehingga menurunkan resiko patah tulang.