Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Lidah buaya merupakan tanaman obat yang masuk dalam family lilly sehingga masih satu family dengan bawang putih. Lidah buaya memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi, lidah buaya juga dapat dikosumsi sebagai minuman jus, di makan, atau hanya digosok-gosokan saja seperti keramas  pada rambut. Lidah buaya mengandung vitamin, polisakarida, mineral, asam amino dan enzim lidah buaya sendiri memiliki kandungan 99 persen air.
Manfaat dari lidah buaya ini sudah digunakan dengan baik oleh manusia sejak jaman dulu sebagai penubur rambut, penyembuh luka. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari lidah buaya bagi kesehatan kita.



Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
lidah buaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami, dimana tubuh bisa beradaptasi dengan baik terhadap perubahan lingkunga sekitar dan meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan penyakit karena kemampuan lidah buaya meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita maka lidah buaya juga dikenal sebagai adaptogen dimana sebutan untuk sumber makanan yang mampu merangsang mekanisme pertahanan tubuh dan adaptif tubuh. adaptogen sangat penting mengingat kondisi lingkungan yang dari hari ke hari semakin buruk, indeks polusi yang semakin meningkat.
Tekanan hidup bisa membuat orang stres. Stres dapat membuat tekana darah menjadi tinggi dan menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga rentan terhadap berbagai serangan penyakit, lidah buaya berperan penting karena lidah buaya merangsang produksi sel darah putih yang sangat berguna untuk menangkal berbagai virus dalam tubuh kita.
Meningkatkan sistem pencernaan
Lidah buaya juga berfungsi untuk memperlancar sistem pencernaan kita, karena kemampuan adaptif dari lidah buaya itu sendiri. Selain itu lidah buaya memiliki kamampuan untuk membunuh bakteri-bakteri jahat dalam usus. Lidah buaya juga berguna untuk mengobati sakit usus, misalnya iritasi pada usus. Dengan lidah buaya kita juga bisa menyembuhkan diare atau sembelit yang merupakan penyakit kelainan pada sistem pencernaan kita.
Sebagai detoksifikasi
Dengan mengkonsumsi lidah buaya kita juga bisa menghilangkan toksi atau racun yang ada pada tubuh, dimana racun pada usus akan diserap dengan baik oleh lidah buaya sehingga bisa dikeluarkan sebagai kotoran.
Mengontrol tekanan darah
Lidah buaya sangat berguna untuk mengontrol tekanan darah kita, karena lidah buaya sangat berperan untuk membantu penyebara oksigen dalam darah dan difusi sel darah merah yang sangat berperan penting untuk memperlancar peredaran darah dalam tubuh. Lidah buaya juga sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan demikian lidah buaya juga sangat berguna untuk menurunkan potensi penyakit jantung.
Menunjang kesehatan kulit
Lidah buaya berperan penting untuk kesehatan kulit, lidah buaya mampu menyembuhkan lecet-lecet atau luka pada kulit sehingga membuat kulit tetap sehat. Lidah buaya sangat efektif untuk menyembuhkan luka bakar pada kulit, disamping itu dengan menggosok-gosokan lidah buaya membantu untuk mengurangi rasa sakit yang mungkin timbul akibat luka. Lidah buaya bisa mengurangi atau menghilangkan gatal-gatal dalam tubuh untuk itu lidah buaya juga dikenal sebagai antipruritus.
Lidah buaya sangat berguna untuk menghaluskan kulit, itu kenapa lidah  buaya banyak sekali dipakai sebagai bahan dasar produk-produk komestik. Lidah buaya sendiri memiliki kandungan 99 persen air sehingga sangat berguna untuk melembabkan kulit dengan cara menggosok-gosokan ke kulit. Lidah buaya sangat penting untuk merangsang atau memperbaik kolagen dan elastin dimana hormon ini sangat penting untuk elastisitas kulit tubuh, dan juga menyuplai oksigen dalam kulit tubuh. Dengan demikian lidah buaya sangat membantu agar kulit terlihat lebih cantik, halus, bersinar, dan sehat.