Manfaat Pisang Bagi Kesehatan

Pisang adalah salah satu jenis buah-buahan yang tumbuh dengan baik di Indonesia, pisang sendiri sudah menjadi buah kegemaran dari orang indonesia. Pisang sendiri merupakan makanan yang terbilang praktis karena bisa dibawa kemana saja, karena bentuk nya yang kecil bisa dimasukan ke kantong kita. Pisang juga sangat mudah untuk dikupas ketika akan dimakan. Di Indonesia sendiri pisang memiliki banyak sekali produk makanan turunan seperti pisang goreng, getuk pisang, sampai nagasari yang merupakan makanan tradisiomal Indonesia.
Selain enak pisang juga memiliki berbagai kandungan gizi yang tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan kita. Diantaranya pisang dapat menghindarkn kita dari depresi, melindungi kita dari penyaki yang ganas seperti kanker, diabetes, penyakit jantung dan kebutaan.


Menghindari Depresi
pisang bisa membantu kita untuk menghindari depresi, karena pisang memiliki kandung tryptophan yang tinggi yang nantinya dalam tubuh kita akan diubah menjadi serotonin - neurotransmitter, serotonin sendiri merupakan hormon pada otak yang membuat kita jadi bahagia. untuk pengetahuan saja ketika manusia bahagia, sedih atau cemas ada hormon tertentu di dalam otak yang memperngaruhinya.

Mengatur gula darah
dengan makan buah pisang kita dapat menjaga kadar gula kita agar tetap ideal, ini dikarenakan pisang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Namun demikian makan pisang akan membuat kita mendapatkan jumlah energi yang banyak untuk tubuh kita.
Melindungi tulang kita
Pisang memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi sehingga sangat berguna untuk melindungi kita dari penyakit osteoporosis yaitu penyakit keropos tulang yang seringkali menyerang wanita usia 50 tahun keatas. Pisang juga berguna untuk membantu dan mempercepat penyembuhan tulang patah karena kandungan kalsium yang dimilikinya.
Mencegah diabetes
Pisang memiliki kandungan antioksidan dan vitamim B-6 yang sangat berguna untuk menghindarkan kita dari penyakit diabetes, memperkuat sistem saraf kita, juga meningkatkan produksi sel darah putih kita sehingga regenarasi sel menjadi lebih cepat.
Mencegah stroke
Pisang memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi disisi lain pisang memiliki kandungan rendah garam, sehingga sangat efetif untuk melindungi kita dari penyakit stroke dan penyakit jantung, selain itu kadar garam yang rendah akan menurunkan tekanan darah sehingga akan menghindarkan kita dari hipertensi, dan stroke. Karena tekanan darah yang tinggi akan menghambat proses peredaran darah kita. Sehingga pada waktu tertentu suplai darah ke  otak akan terganggu, penyebab stroke sendiri adalah tidak berfungsinya sel-sel pada otak yang dikarenakan kurang nya suplai darah ke otak.
Melindungi sistem pencernaan kita
Pisang memiliki kandungan peptin yang tinggi, peptin akan membershkan toksin atau racun dalam pencernaan kita. Pisang juga merupakan prebiotik yang baik yaitu merangsang pertumbuhan bakteri baik di usus kita, dimana bakteri ini berfungsi untuk menyerap nutrisi pada makanan yang dikonsumsi sehingga sistem pencernaan berjalam dengan baik. Menghindarkan kita dari sembelit, sakit perut, perut mules melindungi perut untuk tidak maag dengan melapisi perut kita agar terlindungi dari asam korosif.
Membuat lebih pandai
Kandungan kalium yang tinggi secara efektif membuat kita menjadi lebih “pandai” karena kalium sendiri merupakan nutrisi yang sangat diperlukan oleh otak kita. Jadi tidak perlu menyuruh anak mengkonsumsi pil-pil tertentu agar anak tersebut jadi pandai, karena pil-pil tersebut pada prinsip nya adalah memberikan asupan kalium yang cukup ke otak. Cukup dengan belajar yang rajin dan konsumsi pisang tiap harinya.